Harga Dogecoin (DOGE) Naik Gegara Elon Musk Beli Saham Twitter, Kok Bisa?
Harga DOGE naik gara-gara Elon Musk. (Foto; Kanchanara - Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Manusia terkaya di Bumi, sejaligus pemilik Tesla dan SpaceX, Elon Musk sudah membeli sebanyak 73,4 juta saham Twitter. Pembelian ini menjadikan Musk sebagai salah satu pemilik saham terbesar dari platform media sosial berlogo burung biru yang memiliki pengguna aktif sekitar 217 juta per harinya.

Informasi tersebut disampaikan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang menyatakan bahwa bos Tesla itu mengajukan pembelian 73.486.938 saham Twitter pada 14 Maret lalu lewat Elon Musk Revocable Trust, seperti dilansir dari Dailycoin pada 4 April 2022.

Elon Musk resmi menjadi salah satu pemegang saham terbesar Twitter. Kendati demikian, Musk tidak akan terlibat dalam pengambilan keputusaan perusahaan. Orang terkaya di dunia itu merogoh kocek sebesar 2,9 miliar dolar AS (setara Rp41,5 triliun) untuk membeli saham Twitter (TWTR) di harga 33.03 dolar AS.

Pembelian besar-besaran tersebut membuat harga TWTR meroket lebih dari 29 persen. Naiknya harga saham TWTR membuat kekayaan Elon Musk berlipat lebih dari 1,2 miliar dolar AS (setara Rp17,2 triliun).

Sebelumnya, Elon Musk bertanya kepada puluhan juta pengikut Twitter-nya mengenai apakah kebebasan berbicara itu penting untuk fungsi demokrasi dan apakah Twitter secara ketat mematuhi prinsip tersebut. Selanjutnya Musk meminta para follower memilih jawaban dengan hati-hati karena jajak pendapat tersebut sangat penting.

Dari hasil polling di Twitter, sebanyak 29,6 persen menyatakan “ya” dan menyetujui bahwa Twitter sudah mematuhi prinsip kebebasan berbicara. Sedangkan sekitar 70,4 persen menyatakan “tidak.” Lebih lanjut, Musk kemudian menyatakan bahwa platform media sosial tersebut kemungkinan bakal menerima pembayaran dengan mata uang kripto Dogecoin (DOGE).

Harga DOGE naik

Upaya mengadopsi DOGE yang dinyatakan Elon Musk untuk pembayaran itu berhasil mendongkrak harga kripto Dogecoin. DOGE mengalami kenaikan 9 persen. Saat penulisan, Dogecoin diperdagangkan di harga Rp2.182. Menurut data dari Coingecko, harga tertinggi sepanjang masa (ATH) Dogecoin tertoreh pada 8 Mei 2021 di harga Rp10.338.