Logo DOGE Hilang di Twitter, Harga Koin Meme Langsung Turun
Twitter kembali gunakan logo burung biru setelah beberapa hari lalu diganti jadi DOGE. (Foto; Dok. Nomisma)

Bagikan:

JAKARTA - Komunitas Dogecoin (DOGE) mengalami momen yang singkat namun menggembirakan setelah miliarder teknologi Elon Musk menghapus logo berbentuk burung dari Twitter Inc. Tiga hari yang lalu, Musk mengganti logo burung terkenal Twitter dengan avatar DOGE.

Akibatnya, harga Dogecoin naik hampir 30 persen menjadi Rp1.500-an. Namun, harga Dogecoin telah turun sekitar 7,89 persen selama 24 jam terakhir untuk diperdagangkan sekitar Rp1.259 selama sesi perdagangan Asia sebagaimana data Coingecko.

Sebelum Elon Musk mengubah logo burung biru Twitter menjadi avatar Dogecoin, koin meme ini terjebak dalam konsolidasi. Blockchain proof-of-work (PoW) terbesar kedua setelah Bitcoin menerima iklan gratis secara teknis di Twitter yang memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif harian yang bisa dimonetisasi.

Para pemilik koin dalam jumlah besar atau whale rupanya memanfaatkan momentum tersebut. Diketahui terdapat dua "whale" terbesar Dogecoin mengurangi kepemilikan mereka sebesar 1,4 miliar dolar AS (Rp20,8 triliun) selama tiga hari munculnya gambar DOGE di Twitter web.

Platform analitik on-chain Lookonchain telah mengungkapkan sejumlah data terkait Dogecoin. Dilaporkan, dua dari "whale" terbesar Dogecoin mengurangi kepemilikan mereka sebesar 1,4 miliar dolar AS (Rp20,8 triliun) selama tiga hari gambar DOGE muncul di web Twitter. Meskipun dua alamat Dogecoin tersebut tidak dinamai dengan tepat, Lookonchain telah mempertanyakan apakah keduanya terkait erat dengan Musk.

Selain itu, Musk sebelumnya telah mengindikasikan bahwa ia memiliki Dogecoin secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya, Musk menerima pembayaran melalui Dogecoin untuk perusahaannya, SpaceX, dalam eksplorasi luar angkasa setelah meluncurkan satelit yang diberi nama Doge-1 ke bulan. Selain itu, pada akhir tahun 2021 Musk mengumumkan bahwa ia telah membeli beberapa Dogecoin untuk putranya yang masih kecil bernama X agar menjadi "toddler holder".

Sebagai hasilnya, komunitas Dogecoin berharap agar miliarder teknologi ini akan menambahkan Doge sebagai bentuk pembayaran di platform media sosial tersebut. Selain itu, Musk telah menambahkan Bitcoin sebagai bentuk program tip bagi pembuat konten. Dengan rencana Musk untuk mengubah Twitter menjadi protokol mega Web3, Dogecoin diperkirakan akan diintegrasikan sebagai bentuk pembayaran di masa depan.