Logo Shiba Inu Dogecoin Gantikan Burung Twitter, Harga Meroket Rp59,7 Triliun
Logo Dogecoin gantikan logo burung Twitter seperti janji Elon MUsk (foto: tangkapan layar / ary)

Bagikan:

JAKARTA - Logo burung biru Twitter digantikan dengan gambar anjing Shiba Inu milik Dogecoin pada Selasa 4 April, membantu nilai pasar mata uang kripto meme ini bertambah hingga 4 miliar dolar AS (Rp59,7 triliun).

Token ini, yang lahir sebagai satir dari kegilaan cryptocurrency pada 2013 dan tidak memiliki penggunaan fundamental, melonjak hingga 10 sen sekitar pukul 15.00 EST dari 7 sen saat Elon Musk menunjukkan dalam sebuah tweet pada Senin 3 April bahwa ia telah menepati janjinya untuk mengubah logo aplikasi media sosial tersebut dengan gambar anjing Dogecoin.

Dengan kapitalisasi pasar sebesar 13,7 miliar dolar AS (Rp204,5 triliun), Dogecoin kini menjadi cryptocurrency terbesar ketujuh, menurut situs data CoinMarketCap.com. Nilai pasarannya sekitar 10 miliar dolar AS (150 triliun) sebelum berita ini diumumkan.

Musk, yang menempati peringkat kedua orang terkaya di dunia menurut Forbes, adalah pendukung vokal dari cryptocurrency dan sangat mempengaruhi harga Dogecoin dan Bitcoin di masa lalu.

Pada Jumat 31 Maret, bos Tesla  ini meminta seorang hakim di Amerika Serikat untuk menolak gugatan pemerasan sebesar 258 miliar dolar AS (Rp3.852,5 triliun)  yang menuduhnya menjalankan skema piramida untuk mendukung Dogecoin.

Dogecoin naik lebih dari dua kali lipat pada Oktober setelah Musk, yang dijuluki "the dogefather" oleh pedagang ritel, menyelesaikan kesepakatan senilai 44 miliar dolar AS (Rp657 triliun) untuk mengambil alih Twitter pada Oktober lalu.

Token shiba inu, spinoff dari Dogecoin yang diperdagangkan dalam pecahan sen, naik 5,6% menjadi 0,000014 dolar AS.