Elon Musk Ganti Logo Twitter dengan Gambar Dogecoin, Mungkinkah April Mop?
Foto Dogecoin muncul sebagai pengganti logo baru di Twitter. (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Pada  Senin, 3 April  Twitter mengubah logo burung biru ikoniknya dengan logo mata uang populer yaitu gambar anjing yang terkenal dalam meme, Dogecoin. Ini tampaknya menjadi salah satu lelucon April mop yang terlambat dari pemilik perusahaan sekaligus miliarder dunia, Elon Musk.

Pengguna Twitter melihat bahwa logo burung biru pada halaman utama dan layar pengisian Twitter telah diganti dengan gambar shiba inu yang terkait dengan mata uang Dogecoin.

Seperti halnya Musk, mereka juga memposting meme untuk memberi tahu tentang perubahan tersebut. Akun resmi Dogecoin pun membalas dengan tweet “Very currency. Wow. Much Coin. How Money. So Crypto.”

Musk sendiri tidak menjelaskan alasan untuk perubahan ini, tetapi beberapa pengguna berspekulasi bahwa ini adalah lelucon April mop yang perusahaan tidak bisa selesaikan tepat pada waktunya pada 1 April.

Perubahan logo Twitter ini muncul hanya beberapa hari setelah Musk meminta pengadilan di AS untuk menolak gugatan yang diajukan oleh investor Dogecoin senilai  258 miliar dolar AS (Rp3.845 triliun) atas dugaan skema piramida.

Dilaporkan oleh Reuters pada Juni tahun lalu, menurut gugatan tersebut, para penggugat mengklaim bahwa Musk mengetahui bahwa sejak 2019 mata uang kripto tersebut tidak memiliki nilai, tetapi ia mempromosikan Dogecoin untuk mendapat keuntungan dari perdagangannya.

“Musk menggunakan keuntungan sebagai orang terkaya di dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi skema piramida Dogecoin demi keuntungan, paparan, dan hiburan,” demikian bunyi gugatan tersebut, yang dikutip Reuters.

Para penggugat mengeluh bahwa penjualan Dogecoin dimulai ketika Musk muncul di Saturday Night Live dan menyebut Dogecoin sebagai “hustle” dalam segmen acaranya.

Pengacara untuk Musk dan Tesla telah menyebut klaim gugatan sebagai "karya fiksi yang fantastis" atas "tweet ringan dan seringkali konyol" Musk tentang Dogecoin.

Nilai Dogecoin melonjak tahun lalu setelah Musk mengumumkan bahwa barang dagangan Tesla bisa dibeli menggunakan Dogecoin.

Dengan perubahan logo Twitter, nilai Dogecoin melonjak dari  0,079 dolar AS menjadi  0,094 dolar AS, nilai tertinggi kripto itu sejak November tahun lalu.

Menurut memo internal yang bocor, Twitter sekarang bernilai kurang dari  20 miliar dolar AS  (Rp 298,1 triliun), kurang dari separuh dari harga yang dibayar Musk enam bulan lalu. Meskipun berjanji untuk menghapus centang biru warisan untuk pengguna yang diverifikasi mulai 1 April, situs tersebut hanya menghapus centang untuk akun Twitter utama The New York Times saja.