Ekstensi Browser "Eight Dollars" Mengungkap Bedanya Akun Verifikasi Asli dan Pengguna Twitter Blue
Ekstensi "Eight Dollars" menunjukkan bagaimana setiap akun mendapatkan lencana verifikasinya. (foto: tangakapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Di bawah arahan Elon Musk, Twitter meluncurkan langganan "Twitter Blue" untuk mengurangi spam bot dan akun palsu di platform tersebut. Namun, ketika layanan tersebut pertama kali diluncurkan pada November 2022, para troll di seluruh dunia memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk memverifikasi akun-akun parodi dan menyebarkan informasi palsu.

Sementara persyaratan Know Your Customer selanjutnya mengekang verifikasi akun dari akun yang mencurigakan, jumlah akun yang diverifikasi di Twitter melonjak, mengembalikan keraguan pengguna.

Kini sebuah ekstensi browser yang bernama "Eight Dollars" memungkinkan pengguna untuk melihat perbedaan antara akun yang benar-benar diverifikasi dan pengguna Twitter Blue. Ekstensi tersebut menunjukkan bagaimana setiap akun mendapatkan lencana verifikasinya.

Untuk pengguna yang membayar berlangganan Twitter Blue, ekstensi tersebut akan menampilkan teks "dibayar" tepat di sebelah tanda centang biru. Untuk yang lainnya, hanya akan ditampilkan "terverifikasi."

Sebuat tangakapan layar menunjukkan contoh bagaimana akun parodi Elon Musk membayar untuk verifikasi. Oleh karena itu, ekstensi tersebut membantu mengidentifikasi akun penipuan.

Selain itu, pengguna Twitter mendukung ekstensi perangkat lunak tersebut karena secara efektif mengembalikan transparansi di seluruh platform media sosial, seperti yang terlihat dari tangkapan layar ulasan di atas.