Centang Biru Twitter Berbayar! Begini Alasan Dari Elon Musk
Elon Musk masih buat beberapa penyesuaian untuk Twitter. (foto: twotter @elonmusk)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ngomong-ngomong soal centang biru Twitter berbayar, usut punya usut pemilik Twitter baru Elon Musk menyarankan pada hari Selasa bahwa dia ingin menagih $8 Dolar Amerika Serikat per bulan untuk paket berlangganan yang akan memberi pengguna tanda centang biru terverifikasi yang didambakan di akun mereka.

Dalam serangkaian tweet, dia menambahkan bahwa layanan berlangganan Twitter, yang dikenal sebagai Twitter Blue, juga akan menyertakan fitur lain, seperti prioritas dalam balasan, sebutan, dan hasil pencarian, serta kemampuan untuk memposting klip video dan audio yang panjang. Pelanggan juga akan melihat iklan setengah lebih banyak.

Twitter Blue saat ini berharga $ 5 USD per bulan tetapi tidak termasuk tanda centang terverifikasi sebagai keuntungan. Dalam tweetnya, Musk mengkarakterisasi sistem saat ini untuk siapa yang mendapat tanda centang sebagai pengecualian dan menyebutnya "omong kosong."

Twitter memberikan lencana terverifikasi ke akun secara gratis setelah perusahaan menentukan bahwa pengguna "asli, terkenal, dan aktif." Tanda centang biru dimaksudkan untuk memberi sinyal kepada pengguna bahwa akun selebriti, jurnalis, politisi, atau tokoh masyarakat lainnya tidak palsu. Terlepas dari niat Twitter, tanda centang biru dianggap oleh beberapa pengguna sebagai simbol status. Perusahaan telah mencoba mengubah sistem verifikasinya, dan juga salah memverifikasi akun palsu.

Bagaimana nasib Twitter (Freepik)

Alasan Centang Biru Twitter Berbayar

Rencana nyata Musk untuk membebankan biaya untuk verifikasi menunjukkan bahwa miliarder itu berusaha membuat Twitter tidak terlalu bergantung pada iklan. Tetapi langkah itu juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana pengguna dapat mengetahui apakah akun seorang tokoh publik itu asli. Musk kemudian mentweet pada hari Selasa bahwa "akan ada tag sekunder di bawah nama seseorang yang merupakan figur publik."

Twitter tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelum tweet Musk hari Selasa, ada berbagai laporan tentang Twitter yang berpotensi mengenakan biaya untuk verifikasi. Para eksekutif di perusahaan itu "sangat mempertimbangkan" yang mengharuskan orang-orang dengan tanda centang gratis di profil mereka membayar $ 5 USD setiap bulan untuk berlangganan Twitter Blue atau kehilangan lencana mereka, Casey Newton dari Platformer melaporkan Minggu sore. Eksekutif menghabiskan akhir pekan berbicara tentang ide dan membuat rencana tentang tindakan tersebut, sumber tak dikenal mengatakan kepada Newton.

Tidak jelas dari tweet Musk apakah pengguna terverifikasi akan kehilangan tanda centang biru jika mereka tidak berlangganan Twitter Blue.

Sebuah laporan dari The Verge menyarankan bahwa Twitter mempertimbangkan untuk menagih lebih banyak untuk layanan berlangganannya. Laporan itu mengatakan Twitter berencana mengenakan biaya $20 USD untuk langganan Twitter Blue baru, dan tanda centang biru itu akan hilang bagi pengguna jika mereka tidak membayar. Menurut laporan itu, pengguna akan diberi waktu 90 hari untuk berlangganan sebelum kehilangan centang biru mereka. Karyawan yang mengerjakan proyek tampaknya diberi waktu hingga 7 November untuk menerapkan perubahan.

Harga $20 USD per bulan yang dilaporkan membuat kesal beberapa pengguna Twitter terkenal, termasuk penulis Stephen King.

"$20 USD sebulan untuk menyimpan cek biru saya? Persetan, mereka harus membayar saya. Jika itu dilembagakan, saya pergi seperti Enron," tweet King pada hari Senin.

"Kita harus membayar tagihan entah bagaimana! Twitter tidak dapat sepenuhnya bergantung pada pengiklan. Bagaimana dengan $8?," jawab Musk.

Tanda centang biru dilihat oleh beberapa orang sebagai simbol status karena memilikinya cukup langka. Pada tahun 2021, hanya 360.000 akun, atau 0,2% dari pengguna aktif harian Twitter yang dapat dimonetisasi, yang diverifikasi. Namun, biaya terkait dapat memberi perusahaan aliran pendapatan baru pada saat dilaporkan bersiap-siap untuk PHK di bawah Musk.

Twitter Blue adalah layanan berlangganan yang menawarkan beberapa fasilitas premium, termasuk memungkinkan Anda untuk membatalkan tweet, membaca berita bebas iklan, mengedit tweet yang dipublikasikan, mengatur bookmark Anda ke dalam folder, menyematkan percakapan di DM Anda, dan mengunggah video hingga 10 menit. . Ketika diluncurkan pada tahun 2021, layanan ini berharga $3, tetapi biaya bulanan naik pada bulan Oktober menjadi $5.

Jadi setelah mengetahui alasan centang biru twitter berbayar, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!