Pakai WhatsApp Web Sekarang Lebih Aman dengan Hadirnya Fitur  Ini
WhatsApp sekarang menawarkan ekstensi browser resmi. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna yang sering menggunakan WhatsApp Web tidak lagi perlu khawatir menyoal keamanannya. Ini berkat hadirnya ekstensi browser yang dapat memverifikasi keaslian website yang digunakan.

WhatsApp di Web adalah cara mudah untuk mengakses layanan perpesanan via desktop, tanpa perlu repot menginstal aplikasi. Namun, selalu ada risiko pelaku jahat yang mencoba menipu pengguna.

Untuk mengatasi hal ini, WhatsApp sekarang menawarkan ekstensi browser resmi yang memverifikasi apakah pengguna menggunakan versi web asli, atau jika mereka berada di halaman rusak yang dapat mencuri data dan menginstal malware.

Proses penggunaan sistem keamanan berbasis ekstensi browser ini mudah. Cukup buka toko web Chrome dan telusuri Code Verify, tekan tombol biru Tambahkan ke Chrome, dan kemudian siap untuk dioperasikan.

Menurut Meta sebagai induk perusahaan WhatsApp, Code Verify hanya berfungsi di Chrome, Edge, dan Mozilla Firefox, tetapi versi yang disesuaikan untuk Safari juga sedang dalam tahap pengembangan.

Setelah ekstensi browser dipasang dan disematkan ke bilah alat, ekstensi itu akan mulai melakukan pekerjaan verifikasi kodenya secara otomatis setiap kali pengguna mengunjungi halaman Web WhatsApp.

Code Verify ini juga berfungsi untuk memberi tahu pengguna tentang status aktivitas, bersama sistem indikator kode warna. Ikon hijau berarti semuanya baik-baik saja dan tidak ada risiko keamanan.

Jika ikon Code Verify menunjukkan lingkaran oranye dengan tanda tanya, itu adalah tanda bahwa permintaan jaringan telah habis. Peringatan oranye berarti koneksi jaringan mungkin stabil atau ada sesuatu yang mengganggu proses verifikasi. Untuk memperbaikinya, coba muat ulang halaman, ubah jaringan Wi-Fi, atau jeda ekstensi browser lain.

Sementara, indikator merah dengan tanda seru adalah tanda bahwa kode sumber tidak dapat diverifikasi, dan itu adalah keamanan yang berisiko. Pengguna perlu non-aktifkan ekstensi lain dan muat ulang halaman Web WhatsApp untuk melihat apakah tanda peringatan sudah hilang.

Di samping itu, Meta memastikan bahwa ekstensi Code Verify tidak mengganggu aspek privasi. Alat tersebut tidak akan mencatat data aktivitas apa pun, mengumpulkan metadata, atau mengakses informasi pengguna apa pun sendiri. Lebih penting lagi, ekstensi tidak mengizinkan siapa pun mengintip pesan karena dienkripsi ujung-ke-ujung, seperti yang ada di aplikasi seluler.

Dibuat bekerja sama dengan Cloudflare, Code Verify mengandalkan fitur keamanan yang disebut integritas sub-sumber daya yang akan memeriksa sumber daya di seluruh halaman web. Inti dari browser adalah sistem pencocokan hash, yang juga merupakan tulang punggung sistem pemindaian foto iCloud Apple untuk deteksi CSAM.

“Setiap kali kode untuk WhatsApp Web diperbarui, sumber kebenaran dan ekstensi hash kriptografis juga akan diperbarui secara otomatis,” ujar Meta.

Idenya adalah untuk mengotomatiskan proses pencocokan hash, dan kemudian menyebarkannya dalam skala untuk ratusan juta pengguna WhatsApp. Demikian dikutip dari Digital Trends, Senin, 14 Maret.