Astronom Amatir asal Skotlandia, Bryan Shaw, Potret Nebula dan Gugus Bintang Baru dari Halaman Rumahnya
Gambar Nebula hasil jepretan Bryan Shaw. (foto: swns)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang astronom amatir Skotlandia telah mengambil foto menakjubkan dari nebula jauh dan keajaiban astronomi lainnya dari teleskop di taman East Ayrshire miliknya.

Bryan Shaw (28), telah menghabiskan waktu berjam-jam melacak langit malam untuk menghasilkan gambar nebula dan gugus bintang yang menakjubkan yang jaraknya ribuan tahun cahaya.

Shaw, yang saat ini menjadi mahasiswa produksi siaran, secara rutin memasang teleskop khusus di taman rumahnya di New Cumnock, sebuah kota di East Ayrshire, untuk memotret langit malam.

Sorotan ini termasuk Nebula Orion, sekitar 1.344 tahun cahaya dari Bumi, dan Nebula Rosette, sebuah gugus bintang terbuka dengan awan gas dan debu kosmik seperti mawar yang jaraknya lebih dari 5.000 tahun cahaya.

Dia juga telah menangkap gambar pemandangan indah yang menampilkan aurora, bulan kita dari dekat, dan pemandangan galaksi termasuk Bima Sakti kita. Satu bidikan juga menunjukkan Nebula Amerika Utara di konstelasi Cygnus, dekat Deneb.

Nebula ini Dinamai Amerika Utara (North America) karena  dalam cahaya yang tampak, wilayah tersebut menyerupai benua Amerika Utara, dengan kemiripan yang paling mencolok adalah Teluk Meksiko.

Nebula adalah awan debu dan gas yang sangat besar yang menempati ruang di antara bintang-bintang dan bertindak sebagai pembibitan bagi bintang-bintang baru. Nebula terbentuk ketika bintang yang lebih besar dari matahari kita mulai mati dan mengeluarkan gas angin matahari.

Shaw juga menangkap bidikan Rosette Nebula pada 4 Maret dan mempostingnya ke grup komunitas lokal pada hari berikutnya.

“Malam yang cerah jarang terjadi, jadi, saya memotret ini dari taman depan tadi malam di bawah lampu jalan,” kata Shaw seperti dikutip Dailymail.

Satu lagi dari bidikan nebula Shaw yang luar biasa menunjukkan Nebula Orion, sebuah nebula menyebar yang terletak di Bima Sakti, dekat sisi selatan Sabuk Orion di konstelasi Orion.

Ini adalah salah satu nebula paling terang dan terlihat dengan mata telanjang di langit malam.

“Pembibitan bintang ini telah dikenal banyak budaya yang berbeda sepanjang sejarah manusia,” kata NASA tentang Nebula Orion ini.

Gambar lain menunjukkan Nebula Api dan Nebula Horsehead (Kepala Kuda), keduanya bagian dari wilayah pembentuk bintang yang disebut Kompleks Awan Molekuler Orion.

Nebula Horsehead disebut demikian karena kemiripannya yang luar biasa dengan kuda kecil, seperti yang terlihat pada warna merah tua, yang disebabkan oleh gas hidrogen terionisasi.

Nebula sering dinamai berdasarkan apa yang dianggap para ilmuwan sebagai kesamaan dengan objek atau karakter berbasis Bumi, termasuk cakar kucing, tarantula, dan kerudung.

Para astronom juga telah melihat laba-laba janda hitam, lentera Hallowe'en, ular, otak manusia yang terbuka, dan Starship Enterprise..

Tembakan lain menunjukkan Galaksi Andromeda, juga dikenal sebagai Messier 31 atau M31, yang merupakan galaksi spiral besar terdekat dengan galaksi kita, Bima Sakti.

Galaksi Andromeda mendapatkan namanya dari fakta bahwa ia muncul di langit Bumi di konstelasi Andromeda.

Ini pertama kali diamati sekitar 964 dan awalnya dijuluki apusan samar-samar. Baru pada tahun 1920-an ia dikenal sebagai galaksi.

Ukurannya kira-kira sama dengan Bima Sakti – satu triliun massa matahari – dan suatu hari keduanya akan bertabrakan. Mereka diperkirakan akan bersatu dalam waktu sekitar 4,5 miliar tahun dan membentuk galaksi elips raksasa.

Gambar lain menunjukkan asterisme yang disebut Pleiades, juga dikenal sebagai The Seven Sisters, Messier 45, dan nama lain dari budaya yang berbeda.

Pleiades, sekitar 440 tahun cahaya, terletak di dekat bahu Taurus, konstelasi yang lebih besar di sebelah kanan Sabuk Orion.

“Ini berisi lebih dari seribu bintang yang terikat secara longgar oleh gravitasi, tetapi secara visual didominasi oleh segelintir anggota yang paling terang,” kata NASA.