WhatsApp Bakal Tambahkan Fitur Keamanan <i>Fingerprint</i> untuk Versi Web
Ilustrasi WhatsApp (Image Credit: Alberthbq / Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi chat WhatsApp berencana menambahkan fitur keamanan fisik pada versi desktop dan Web. Salah satunya dengan menghadirkan fitur autentifikasi sidik jari. 

Mengutip dari laman Android Authority, Kamis 17 September, layanan pesan instan milik Facebook ini sedang mengerjakan fitur autentifikasi sidik jari untuk WhatsApp versi Web. Sehingga memungkinkan pengguna laptop yang memiliki fitur pemindai sidik jari bisa masuk dan membuka WhatsApp. 

Berdasarkan penelusuran WABetainfo, fitur keamanan ini pertama kali diketahui dari patch update 2.20200.10 versi WhatsApp beta. Belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan pembaruan software secara global.

Meski begitu kehadiran fitur ini cukup penting, mengingat banyak pengguna WhatsApp Web yang tak sepenuhnya aman saat menggunakan laptop, desktop PC atau Mac. Pengoperasian fitur autentifikasi ini bakal sama dengan fungsi pemindai sidik jari di Aplikasi WhatsApp versi seluler

Sebab selama ini untuk masuk ke aplikasi WhatsApp web dan desktop, pengguna diharuskan untuk memindai QR Code yang muncul. Terlebih fitur ini masih dalam tahap pengembangan awal. 

Sehingga belum jelas apakah opsi login dengan sidik jari ini akan menggantikan fungsi pemindai QR Code di WhatsApp Web. Termasuk rencana WhatsApp untuk menambahkan fitur keamanan Face Unlock di platformnya.