Ini Fitur Menarik Telegram yang Perlu Kamu Ketahui!
Ilustrasi Aplikasi Telegram (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak aplikasi chat yang bisa diunduh pengguna smartphone, salah satunya Telegram. Aplikasi pesan instan berbasis cloud ini didirikan oleh Nikolai dan Pavel Durov pada tahun 2013.

Tak banyak yang mengetahui, jika WhatsApp dan Telegram memang bersaing satu sama lain untuk berebut tahta sebagai apikasi chat yang paling populer. Bahkan disaat WhatsApp kerap dirundung masalah peretasan, Telegram justru menerima banyak pujian karena pendekatannya lebih terbuka, aman dan pribadi dalam mengirim pesan.

Saat ini Telegram messenger juga sudah tersedia di semua sistem operasi utama, termasuk windows, macOS, Android, iOS dan juga Linux, selain itu ada juga versi web. Tentunya Aplikasi ini gratis diunduh dan digunakan.

Banyak fitur dari Telegram yang sangat bermanfaat dan banyak disuka. Di bawah ini adalah fitur-fitur yang dimaksud :

1. Telegram Mendukung File Besar

Telegram memiliki kemampuan mengirim file lebih besar dari aplikasi chat lain hingga 2 GB. Semua jenis file baik video maupun foto akan dikirim dengan ukuran asli dan bakal langsung tersedia di semua perangkat, bahkan dapat berbagi dengan penguna lain.

2. Telegram Lebih Aman

Aplikasi chat ini sangat mengandalkan keamanan dan privasi, sebagai fitur utamanya. Telegram menyodorkan end-to-end encryption dan membuat penggunanya bisa menyetel timer untuk 'self-destruct' alias menghapus pesan secara otomatis dengan waktu yang spesifik. Ini kelebihan yang sangat penting karena pada dasarnya seseorang membutuhkan keamanan dalam berinteraksi.

Selain itu, Telegram juga menyediakan kanal pesan rahasia yang juga tidak bisa sembarangan di-forward, sehingga tak perlu lagi takut chat yang bersifat konfidensial akan tersebar. Bahkan Telegram bisa mengetahui jika seseorang melakukan screen shoot dari pesan penting tersebut.

3. Stiker, Animasi dan GIF Gratis

Ya, sama seperti aplikasi chat lainnya, Telegram juga memuat banyak stiker, Animasi dan GIF yang melimpah. Bahkan pengguna juga bisa mengedit atau menambahkan stiker animasi ke dalam pesan.

4. Kanal dan Grup yang Menarik

Telegram menyajikan kalan grup yang bisa disesuaikan dengan minat penggunanya. Tinggal ketik di kolom pencarian, pengguna bisa mengetahui kanal dan grup-grup chat-room yang bisa diikuti.

5. Multi Akun dan Platform

Satu hal yang membedakan Telegram dengan aplikasi chat kebanyakan, yakni bisa digunakan lintas platform. Jadi satu akun Telegram yang terkoneksi bisa digunakan pada versi desktop, web, atau aplikasi di smartphone. Bahkan pengguna memungkinkan untuk membuat lebih dari satu akun Telegram.