Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna tak perlu khawatir saat aplikasi Telegram tiba-tiba tak bisa mengirim pesan. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan logo jam. Berbeda saat pesan berhasil dikirim yang akan ditandai dengan tanda centang satu atau dua. Cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan pun sebenarnya mudah.

Artikel ini akan memberikan solusi saat pesan di Telegram tak bisa terkirim sebagaimana mestinya agar bisa kembali normal.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Pengiriman pesan Telegram yang gagal disebabkan oleh banyak hal. Saat menemui kendala ini, coba lakukan beberapa cara berikut ini agar pesan di Telegram bisa dikirim seperti biasanya.

  1. Pastikan Internet Tersambung

Komunikasi lewat Telegram dilakukan lewat sambungan internet. Artinya keberadaan internet yang terhubung di HP ikut menentukan apakah Telegram bisa bekerja sebagaimana mestinya atau tidak. Jika tiba-tiba Telegram tak bisa kirim pesan, cobalah untuk memeriksa internet yang tersambung di perangkat.

  1. Telegram Bermasalah

Gangguan yang terjadi di server Telegram bisa saja terjadi. Jika pengguna sudah memastikan jaringan internet yang terhubung ke perangkat tidak bermasalah, coba tanyakan kepada rekan Anda apakah Telegram yang ia gunakan tidak dapat mengirim pesan seperti yang Anda alami atau tidak.

  1. Restrart Ponsel

Memulai ulang ponsel dengan cara restart kadang membantu memperbaiki masalah pada aplikasi yang terinstal, termasuk pada Telegram. Biasanya sistem operasi yang bermasalah ikut menghambat kinerja aplikasi. Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan restart HP. Setelah itu cobalah untuk kembali mengirim pesan ulang Telegram. Jika kendala masih terjadi, Anda bisa mencoba cara lain.

  1. Cek Proxy Telegram

Proxy di Telegram berguna untuk meningkatkan keamanan saat pengguna menggunakan aplikasi tersebut. Saat proxy diaktifkan, koneksi internet akan tersambung ke proxy server lebih dulu, baru pesan terkirim. Jika proxy server terganggu, maka pengiriman pesan lewat Telegram juga akan terganggu. Cobalah untuk non-aktifkan proxy agar Telegram bisa kembali normal. Cara masuk ke proxy Telegram adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Setelah itu pilih menu “Data dan Penyimpanan”
  • Lalu cari “Pengaturan Proxy”
  • Kemudian nonaktifkan pengaturan proxy
  1. Update Telegram

Telegram sering memberikan pembaharuan aplikasi. Pastikan Anda telah menggunakan Telegram versi terbaru. Jika belum, pengguna bisa membarui Telegram lewat Play Store atau App Store. Atau bisa juga dengan cara menghapus Telegram lalu mengunduh dan mengistal ulang.

  1. Minta Buka Blokir

Aplikasi Telegram menyediakan fitur blokir pengguna lain sehingga siapapun berpotensi untuk diblokir oleh pengguna lain. Ciri-ciri kontak Anda diblokir di Instagram adalah pesan Anda tak terkirim alias gagal. Untuk mengetahui apakah Telegram Anda diblokir atau tidak oleh pengguna lain, ketahui cara mudah membedakan tanda centang di Telegram.

Agar bisa kembali komunikasi dengan kontak Telegram tujuan, Anda harus meminta untuk membuka blokir.

Itulah beberapa cara mengatasi telegram tidak bisa kirim pesan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.