Anggota Grup Telegram Keluar, Beri Pesan Good Bye dengan Cara Ini
Anggota Grup Telegram Keluar, Beri Pesan Good Bye dengan Cara Ini (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan Telegram memiliki beragam fitur menarik yang wajib Anda coba, salah satunya adalah pesan "Good Bye" atau ucapan selamat tinggal kepada anggota grup obrolan yang keluar.

Untuk melakukannya, pengguna dapat menggunakan bot Rose, yang dapat Anda gunakan di Telegram. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan otomatis kepada anggota grup obrolan Telegram yang keluar secara tiba-tiba.

Anda pun dapat menentukan pesan yang akan disampaikan, seperti ucapan selamat tinggal, atau pesan lainnya yang dapat Anda atur secara otomatis di dalam aplikasi Telegram.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur tersebut, tim VOI telah menyusun langkah-langkaah yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur bot Rose di aplikasi Telegram yang ada di perangkat Anda.

Cara Mengaktifkan Fitur Bot Rose di Telegram

Untuk mengaktifkan fitur bot Rose di aplikasi Telegram, langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuka aplikasi Telegram yang ada di perangkat Anda.

Selanjutnya, pengguna dapat masuk ke salah satu grup obrolan yang ingin Anda pasang bot Rose. Sebagai catatan, untuk mengaktifkan bot Rose, Anda harus terdaftar sebagai admin grup terlebih dahulu.

Setelah menemukan halaman grup obrolan Telegram yang Anda inginkan, pengguna dapat klik nama grup. Selanjutnya, akan muncul sejumlah menu, pilih ikon "Edit" untuk masuk ke manu pengaturan grup obrolan Telegram tersebut.

Selanjutnya, pilih menu "Admin", untuk membuat bot Rose. Klik ikon "Tambah Admin" pada menu yang tersedia untuk menambahkan bot Rose sebagai admin dari grup obrolan Telegram tersebut.

Klik kolom pencarian yang ada pada menu, kemudian tulis "Rose" untuk mencari bot Rose. Setelah muncul, pengguna dapat klik bot tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Pengguna akan masuk ke halaman "Hak Admin", kemudian tekan ikon centang untuk menjadikan bot Rose sebagai salah satu admin di grup obrolan Telegram tersebut, dan bot Rose akan menjadi admin di grup tersebut.

Setelah itu, Anda dapat kembali ke halaman obrolan di grup, dan ketikkan perintah "Good Bye Yes" lalu klik ikon "Kirim", untuk mengirim pesan selamat tinggal kepada anggota grup obrolan yang telah keluar.

Jika Anda ingin mengirim pesan dengan kalimat lainnya, Anda dapat menambahkan pesan sesuai dengan keinginan Anda kepada anggota yang telah keluar dari grup. Caranya, ketik perintah "/set goodbye [pesan yang ingin disampaikan]. Kemudian klik "Kirim".

Selanjutnya, secara otomatis pesan tersebut akan dikirimkan oleh bot Rose setiap kali ada anggota grup yang keluar. Jika Anda ingin mengubah pesan, pengguna dapat melakukan langkah seperti di atas.

Demikianlah cara mengaktifkan fitur bot Rose, untuk membuat pesan perpisahan atau pesan lainnya yang dapat Anda sampaikan kepada anggota grup obrolan Telegram yang keluar.