Cara Menampilkan Riwayat Obrolan Grup Telegram kepada Anggota yang Baru Gabung
Cara Menampilkan Riwayat Obrolan Grup Telegram kepada Anggota yang Baru Gabung (20Minutos)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan Telegram memiliki beragam fitur menarik yang membedakannya dengan aplikasi pesan instan serupa, seperti WhatsApp, Messanger dan sebagainya.

Pasalnya, di aplikasi Telegram, anggota grup yang baru bergabung dalam ruang obrolan tertentu dapat melihat riwayat obrolan atau chat yang dilakukan oleh pengguna lain sebelum anggota baru tersebut bergabung.

Dengan adanya fitur tersebut di Telegram, maka admin grup atau anggota lainnya tidak perlu menjelaskan lagi obrolan yang sudah dilakukan, karena anggota baru dapat melihat riwayat obrolan yang telah diberikan.

Admin atau owner grup obrolan Telegram hanya perlu mengaktifkan fitur Riwayat Obrolan untuk menunjukkan percakapan yang sudah dilakukan oleh anggota grup tersebut dengan cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur Riwayat Obrolan di Telegram, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Riwayat Obrolan Grup Telegram

Untuk mengaktifkan fitur Riwayat Obrolan di salah satu grup obrolan kepada anggota yang baru bergabung, pengguna dapat memperbarui aplikasi Telegram di perangkat Anda terlebih dahulu.

Bagi pengguna smartphone dapat mengupdate aplikasi di Google Play Store atau Apps Store, kemudian cari aplikasi Telegram dan klik menu "Update" yang tersedia.

Selanjutnya, Anda dapat memilih salah satu grup Telegram yang ingin Anda tampilkan riwayat Obrolannya kepada anggota baru. Sebagai catatan, Anda harus menjadi admin atau owner di grup tersebut untuk mengaktifkan fitur Riwayat Obrolan.

Setelah membuka salah satu halaman obrolan grup Telegram di perangkat Anda, klik pada nama grup tersebut, kemudian pilih ikon "Edit" pada menu yang tersedia.

Dengan memilih menu "Edit" maka pengguna akan masuk ke dalam pengaturan grup Telegram. Seperti dijelaskan sebelumnya, hanya owner dan orang yang ditunjuk menjadi admin grup yang dapat mengakses menu tersebut.

Setelah masuk ke dalam pengaturan, pengguna dapat mencari fitur "Riwayat Obrolan" dan menampilkannya kepada anggota baru. Sebelum Anda mengaktifkannya, status riwayat obrolan tersebut adalah tersembunyi, dan tidak bisa dilihat oleh anggota grup yang baru bergabung.

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu mengubah status "Tersembunyi" menjadi "Terlihat" pada kolom yang tersedia dan riwayat obrolan di grup tersebut dapat diketahui oleh anggota yang baru bergabung.

Dengan demikian, fitur Riwayat Obrolan grup Telegram Anda sudah aktif dan bisa dilihat oleh anggota baru. Owner dan admin grup pun tidak perlu menjelaskan percakapan kepada anggota baru karena dapat melihat sendiri isi dari seluruh obrolan di grup tersebut.