Cara Memindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram
Telegram (YahooNews)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Telegram telah meningkat tajam pada Januari 2021. Tercatat 100 juta pengguna anyar menggunakan aplikasi milik Pavel Durov ini. Hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan privasi baru yang dikeluarkan WhatsApp yang menimbulkan keraguan di kalangan para penggunanya sendiri.

Aplikasi perpesanan Telegram kian populer, yang kemudian diikuti oleh aplikasi Signal. Tidak hanya dua aplikasi itu saja, aplikasi perpesanan asal Turki, BiP, pun turut naik daun.

Para pengguna yang berpindah ke aplikasi lain, tentunya tidak ingin riwayat chat yang ada di aplikasi WhatsApp lenyap begitu saja. Pengguna tidak perlu khawatir, pasalnya kini pengguna bisa memindahkan obrolan penting yang ada di aplikasi sebelumnya.

“Pengguna dapat membawa semua kenangan termasuk video dan dokumen ke Telegram dari aplikasi WhatsApp, LINE dan KakaoTalk. Fitur ini juga berfungsi untuk obrolan pribadi dan grup,” tulis Telegram di catatan blog resminya, Kamis, 28 Januari.  

Cara memindahkan obrolan dari WhatsApp ke Telegram di iOS

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp
  2. Tekan tulisan Info Kontak atau Info Grup yang ada di WhatsApp
  3. Pilih Ekspor Chat, kemudian pilih Telegram

Pengguna juga bisa memindahkan obrolan langsung lewat daftar obrolan aplikasi WhatsApp dengan cara menggeser ke kiri obrolan tersebut, kemudian pilih '…' > Ekspor Chat

Cara memindahkan obrolan dari WhatsApp ke Telegram di Android

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp
  2. Tekanlah tanda titik tiga yang terletak di bagian atas kanan
  3. Kemudian pilih menu Lainnya
  4. Lalu tekan menu Ekspor Chat, lalu bagikan ke Telegram

Cara memindahkan obrolan ke Telegram (Telegram)

Seluruh obrolan akan diimpor ke Telegram. Obrolan-obrolan tersebut akan tersimpan dalam format file txt dan bisa dibuka dengan teks viewer atau Word yang ada di ponsel pengguna.

File berisi chat penting itu juga akan menampilkan keterangan tanggal, bulan, tahun dan jam ketika chat dikirimkan. Tidak hanya obrolan, file lain berupa gambar, video dan dokumen juga bisa dipindahkan.