Telegram Luncurkan Fitur-fitur Baru di Awal Tahun 2023
Telegram luncurkan fitur baru (Foto: Telegram)

Bagikan:

JAKARTA - Menutup tahun 2022 kemarin, Telegram mengumumkan beberapa pembaruan fitur untuk memberikan cara baru dalam menghemat ruang penyimpanan perangkat, berbagai alat gambar baru, foto profil yang direkomendasikan, dan sebagainya.

Menyembunyikan Foto dan Video

Sebelumnya, Telegram telah memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan teks dalam pesan. Sekarang, Anda juga dapat menyembunyikan foto dan video.

Embed; https://twitter.com/telegram/status/1608820066648264705?t=gzrYNID6H-2VAr-VCWctoQ&s=19

Hapus Otomatis Cache Telegram

Jika Anda tahu, Telegram tidak pernah menggunakan ruang penyimpanan di perangkat Anda. Telegram memiliki ruang penyimpanan sendiri dan Anda dapat menghapus media atau dokumen di Telegram kapan saja.

Dengan adanya pembaruan ini, Anda dapat menambahkan pengaturan hapus otomatis untuk cache media dari Obrolan Pribadi, Grup, dan Saluran dengan pengecualian untuk obrolan tertentu.

Telegram juga akan menampilkan diagram spiral baru yang akan membantu Anda memvisualisasikan file apa yang menghabiskan ruang penyimpanan Anda.

Selain itu, kami juga menambahkan tab khusus untuk Media, File, dan Musik yang dirancang agar Anda dapat membersihkan item terbesar hanya dengan satu ketukan.

Alat Menggambar Baru

Di Telegram, kini Anda dapat menggambar dan mengubah ukuran gambar Anda dan Telegram akan secara otomatis memperhalus garis Anda.

Ada beberapa alat blur baru yang memungkinkan Anda untuk menyensor data sensitif, dan juga 5 cara untuk memilih warna, termasuk alat pipet. Fitur ini tersedia untuk semua pengguna, termasuk yang tidak berlangganan Telegram Premium.

Foto Profil untuk Kontak

Saat mengedit kontak di Telegram, sekarang Anda dapat memasang foto pilihan Anda sendiri untuk akun mereka. Tenang saja, Foto profil itu hanya akan dapat dilihat oleh Anda sendiri.

Selain mengubah foto profil kontak, Anda juga dapat menyarankan foto profil yang cocok untuk mereka. Mereka hanya perlu mengetuk dua kali untuk menambahkannya ke profil mereka.

Foto Profil Publik

Sebelumnya, Anda hanya dapat memilih opsi untuk menampilkan foto secara publik atau tidak. Dengan pembaruan ini, Anda dapat memasang foto publik yang dapat dilihat oleh pengguna lain.

Pembaruan ini juga memungkinkan Anda menikmati privasi foto profil dengan menyetel visibilitas ke 'Tidak Ada' dan menambahkan beberapa pengguna atau grup sebagai pengecualian.

Sembunyikan Anggota Grup

Admin grup dengan lebih dari 100 anggota sekarang dapat memilih untuk menyembunyikan daftar anggota di Pengaturan Grup. Dengan begitu, jika seseorang tidak memposting ke grup, hanya admin grup yang akan mengetahui bahwa mereka ada di dalam grup tersebut.

Emoji Animasi Baru

Terakhir, khusus untuk pengguna premium, kini Anda akan mendapatkan 10 paket emoji animasi kustom baru sebagai hadiah dari artis Telegram.