Bagikan:

JAKARTA – Telegram memperbarui beberapa fitur di dalam aplikasinya pada 31 Juli lalu. Beberapa pembaruan yang Telegram luncurkan adalah peningkatan pada browser dan penambahan tab khusus aplikasi.

Halaman browser in-app yang terbuka kini memiliki lebih banyak kontrol. Saat mengeklik situs web apa pun di Telegram, halaman yang terbuka bisa diperkecil dan dibuka kembali dari bilah di bagian bawah sehingga pengguna bisa beralih ke ruang obrolan dengan mudah.

Browser di Telegram juga mendukung situs web terdesentralisasi yang di-hosting di The Open Network (TON), proyek aset kripto Telegram, dan bisa dibuka di desktop atau aplikasi seluler. "Hal ini membuat Web3 segera tersedia bagi hampir satu miliar pengguna."

Fitur lainnya yang ditambahkan ke dalam browser adalah kemampuan menyimpan web. Saat pengguna Telegram ingin meninggalkan aplikasi atau ingin membuka pesan yang masuk, mereka bisa menambahkan webnya ke dalam bookmark.

"Saat Anda menerima pemberitahuan ketika membaca artikel, melihat halaman web, atau bermain game, Anda dapat memeriksa pesan Anda dan kembali tanpa kehilangan kemajuan Anda. Anda juga dapat menambahkan bookmark untuk kembali," jelas Telegram.

Selain itu, Telegram juga menambahkan kemampuan baru agar pengguna lebih mudah dalam mengakses aplikasi mini. Saat membuka halaman penelusuran, pengguna akan melihat tab Aplikasi yang terdiri dari dua bagian.

Pengguna akan melihat daftar aplikasi yang mereka gunakan dan daftar aplikasi mini populer sebagai rekomendasi. Dengan perubahan ini, Telegram ingin menunjukkan lebih banyak gim dan layanan cepat yang mungkin menarik bagi para penggunanya.