Bagikan:

JAKARTA – CEO Reddit Steve Huffman mengatakan bahwa Microsoft telah mengambil data dari platformnya tanpa izin. Data ini digunakan untuk melatih model Kecerdasan Buatan (AI) milik perusahaan tersebut.

Microsoft tak hanya menggunakan data Reddit untuk melatih AI, tetapi juga menjual data tersebut melalui Bing API ke mesin pencari. Huffman menjelaskan bahwa Microsoft dan perusahaan lainnya bertindak seolah-olah data di internet bisa digunakan secara gratis.

"Microsoft, Anthropic, dan Perplexity pernah bertindak seolah-olah semua konten di internet dapat mereka gunakan secara gratis," kata Huffman dalam wawancara terbarunya, dikutip dari The Verge. "Itulah posisi mereka yang sebenarnya."

Agar tidak merugikan perusahaan dan para penggunanya, Reddit telah mengajak ketiga perusahaan itu untuk bernegosiasi dan membayar atas data yang mereka gunakan. Namun, Microsoft, Anthropic, dan Perplexity menolak untuk menjalin kesepakatan.

"Tanpa perjanjian ini, kami tidak memiliki suara atau pengetahuan tentang bagaimana data kami ditampilkan dan untuk apa datanya digunakan," jelas Huffman. "(Kami) memblokir orang-orang yang tidak bersedia menyetujui bagaimana kami ingin data kami digunakan atau tidak digunakan."

Huffman mengatakan bahwa tindakan memblokir seluruh perusahaan ini sangat merepotkan, tetapi mereka harus melakukannya. Mulai Juli lalu, bekas robot.txt Reddit telah diperbarui untuk memblokir perayap web yang tidak mau bekerja sama.

Reddit kini hanya menampilkan hasil pencarian mereka di Google karena perusahaan itu mau membayar. Data dari platform diskusi ini tidak bisa diakses melalui search engine lainnya seperti Bing, DuckDuckGo, dan masih banyak lagi.

Microsoft menyadari bahwa mereka sudah tidak bisa mengakses data Reddit karena pemblokiran. Juru Bicara Microsoft Caitlin Roulston pun mengatakan bahwa, "Kami menghormati arahan yang diberikan oleh situs web yang tidak ingin konten di halaman mereka digunakan dengan model AI generatif kami."