Bagikan:

JAKARTA - Apple Vision Pro mendatang mungkin akan menggunakan teknologi layar Tandem OLED, teknik panel tampilan yang juga diterapkan pada iPad Pro M4 terbaru.

Pengenalan iPad Pro M4 oleh Apple membawa banyak perubahan, termasuk pada teknologi tampilan. Alih-alih menggunakan backlighting mini-LED, Apple beralih ke sistem tampilan yang disebut Tandem OLED. Kini, tampaknya Samsung dan LG Display sedang berusaha menerapkan Tandem OLED pada panel Micro OLED, menurut laporan SisaJournal yang dirilis pada  Rabu, 31 Juli.

Tandem OLED adalah teknik yang menggunakan dua lapisan OLED, dengan penumpukan lapisan tersebut memberikan peningkatan kecerahan dan efisiensi daya. Samsung dan LG berencana untuk menerapkan teknik ini pada tampilan Micro OLED.

Micro OLED adalah tampilan dengan piksel yang sangat kecil, dengan kepadatan piksel yang mencapai ribuan piksel per inci. Ini adalah tingkat resolusi yang digunakan oleh perusahaan seperti Apple untuk menghasilkan tampilan pada Apple Vision Pro, yang memerlukan resolusi tinggi pada tampilan kecil.

Micro OLED menggunakan substrat silikon alih-alih kaca untuk meningkatkan resolusi, namun tidak selalu membantu dalam hal kecerahan. Menggunakan teknik Tandem OLED dengan Micro OLED seharusnya menghasilkan tampilan yang jauh lebih terang.

Kapan Samsung dan LG akan memperkenalkan tampilan Tandem OLED Mini masih belum jelas dan tergantung pada investasi perusahaan untuk mengkomersialkannya. LG tampaknya memiliki keuntungan dalam Tandem OLED, karena telah menggunakannya untuk produk otomotif serta model iPad Pro OLED. Samsung Display juga memproduksi panel Tandem OLED untuk Apple dan secara bertahap mengambil pangsa pasar yang lebih besar dalam pengiriman tampilan iPad Pro.

Untuk generasi saat ini dari Apple Vision Pro, tampilan Micro OLED disuplai oleh Sony. Jadwal pasti mengenai kapan teknologi ini akan diterapkan pada Vision Pro berikutnya belum jelas, namun diperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun, jika memang terjadi.