Cara Mudah Membuat Undangan Grup Telegram Menggunakan Ponsel
Cara Mudah Membuat Undangan Grup Telegram Menggunakan Tautan dari Owner (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Telegram memiliki beragam fitur yang dapat digunakan penggunanya, dari pesan pribadi, telepon, video call, hingga grup obrolan yang dapat dibuat oleh penggunanya.

Melalui Telegram pengguna dapat saling berbagi informasi dengan mudah, salah satunya dengan membuat grup. Pengguna pun dapat membagikan tautan link undangan untuk bergabung pada grup yang Anda buat.

Anda pun dapat membagikan tautan link undangan secara langsung, maupun memberikannya kepada admin untuk membuat undangan kepada orang-orang yang ada di kontak mereka.

Selanjutnya, penerima link tautan undangan grup Telegram tersebut dapat bergabung dengan grup yang Anda buat dengan melakukan sekali klik, sehingga mempermudah mereka untuk bergabung.

Oleh karena itu, jika Anda merupakan owner dari grup obrolan Telegram, pengguna dapat membuat tautan link untuk mengundang orang-orang yang Anda kenal, atau pengguna Telegram lain.

Link undangan grup Telegram pun dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang seperti waktu kadaluarsa, dan kapasitas pengguna yang dapat bergabung dengan grup yang Anda buat.

Jika Anda masih bingung untuk membuat link undangan grup Telegram, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun tim VOI di bawah ini untuk memudahkan Anda.

Cara Membuat Tautan Undangan Grup Telegram

Untuk membuat tautan undangan grup Telegram, Anda harus menjadi owner grup Telegram, atau menjadi admin dan anggota grup yang sudah diberi izin oleh owner grup tersebut untuk membuat undangan.

Selanjutnya, Anda dapat membuka aplikasi Telegram pada perangkat ponsel Anda, dan pilih grup Telegram pada menu yang tersedia. Klik nama group yang berada di atas kolom percakapan untuk membuka halaman informasi grup.

Pilih ikon Edit, pada halaman informasi grup, kemudian pilih menu Tautan Undangan. Pada bagian tersebut, terdapat tautan yang disediakan oleh aplikasi secara default, tetapi owner (atau admin dan anggota yang diizinkan), bisa membuat tautan baru dengan klik Buat Tautan Baru.

Selanjutnya, Anda dapat mengatur batas waktu kadaluarsa dari tautan undangan tersebut. Ada empat pilihan batasan waktu kadaluarsa yang diberikan oleh aplikasi Telegram yaitu 1 jam, 1 hari, 1 minggu dan tidak terbatas.

Kemudian, Anda juga dapat mengatur batas maksimal jumlah pengguna Telegram yang bisa menggunakan tautan undangan. Ada empat pilihan jumlah pengguna yang diberikan oleh aplikasi Telegram yaitu 1 pengguna, 10 pengguna, 100 pengguna dan tidak terbatas.

Setelah itu, beri judul tautan undangan, dengan klik tombol Buat Tautan untuk mengaktifkan tautan undangan tersebut, maka link tersebut dapat Anda bagikan kepada pengguna Telegram lainnya.

Share tautan yang sudah Anda buat ke aplikasi chatting maupun aplikasi social media lainnya dengan cara pilih ikon titik tiga pada tautan undangan dan pilih Salin Tautan atau Bagikan Tautan.

Dengan demikian pengguna Telegram yang mendapat tautan tersebut dapat bergabung dengan grup yang Anda buat jika mengklik tautan yang Anda bagikan.