Cara Edit Pesan <i>Typo</i> yang Sudah Terkirim di Telegram Melalui Fitur <i>Edit Message</i>
Cara Edit Pesan Typo di Telegram (Ollhar Digital)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Typo atau salah ketik kerap terjadi saat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan instan menggunakan smartphone. Hal itu pun dapat mengakibatkan salah paham bagi orang yang membacanya.

Salah satu aplikasi pesan instan yang belakangan mulai populer, yakni Telegram pun melakukan inovasi dengan menambahkan fitur edit pesan yang memungkinkan penggunanya tetap bisa mengedit atau memperbaiki kesalahan ketik, atau typo pada pesan yang sudah dikirim oleh penggunanya.

Fitur Telegram yang dapat digunakan untuk mengedit pesan yang sudah terkirim tersebut bernama edit message. Fitur tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016, tetapi tidak banyak pengguna yang mengetahui keberadaannya.

Padahal, dengan menggunakan fitur "Edit Message" Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan hanya karena masalah komunikasi. Pasalnya, Anda dapat memperbaiki pesan yang salah tanpa harus mengetik ulang pesan sebelumnya.

Fitur "Edit Message" pun memungkinkan pengguna memperbaiki typo pada pesan yang ada di ruang obrolan grup atau perorangan. Anda juga tetap dapat memperbaiki pesan yang terkirim di grup meskipun sudah dibaca oleh beberapa anggota termasuk admin grup telegram Anda.

Jika Anda belum mengetahui cara menggunakan fitur "Edit Message" di aplikasi Telegram, tim VOI telah merangkum tutorialnya di dalam artikel ini. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Mengedit Pesan di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram di smartphone atau komputer Anda, kemudian buka ruang obrolan Telegram.
  2. Pilih salah satu ruang obrolan dan cari pesan yang ingin Anda edit menggunakan fitur "Edit Message".
  3. Jika Anda membuka Telegram melalui smartphone, tekan dan tahan bubble pesan yang ingin diedit. Sementara untuk pengguna Telegram desktop, Anda dapat klik kanan pada bubble pesan yang ingin diubah.
  4. Akan muncul ikon atau menu pop-up "Edit Message atau Edit"
  5. Pilih ikon "edit" tersebut, dan Anda dapat memperbaiki isi pesan Telegram sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika sudah selesai mengedit pesan, Anda dapat klik tanda "centang biru" di menu yang disediakan.
  6. Setelah itu, pesan Telegram Anda yang sebelumnya memiliki kesalahan ketik sudah memiliki ejaan yang sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Jika masih ada kesalahan ketik, atau Anda ingin memperbaiki struktur kalimatnya, pengguna dapat melakukan cara mengedit pesan seperti langkah di atas.

Demikianlah cara mengedit pesan yang typo atau salah ketik di ruang obrolan Telegram. Pengguna dapat memperbaiki pesan yang sudah terkirim dengan mudah supaya pesan yang disampaikan dapat diterima oleh orang yang menerima pesan Anda.