Cara Jadwalkan Pesan di Aplikasi Telegram Menggunakan Fitur <i>Schedule Messages</i>
Cara Jadwalkan Pesan di Aplikasi Telegram Menggunakan Fitur Schedule Messages (Olhar Digital)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang memungkinkan penggunanya melakukan banyak kreasi untuk melakukan obrolan dengan pengguna lain melalui fitur-fitur yang mereka miliki.

Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan adalah "Schedule Message", atau menjadwalkan pengiriman pesan sesuai dengan keinginan penggunanya. Dengan fitur tersebut Anda dapat mengatur kapan pesan yang Anda tulis di Telegram harus dikirim.

Cara menggunakan fitur "Schedule Message" pun sangat mudah, dan mirip dengan mengirim pesan pada umumnya. Namun, jika Anda belum mengetahui cara untuk menggunakan fitur di Telegram tersebut, pengguna dapat mengikuti tutorialnya di dalam artikel ini.

Penggunaan fitur "Schedule Message" pun memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan saat sedang tidur atau sibuk melakukan aktivitas lainnya, sehingga tidak sempat untuk mengirim pesan kepada orang lain.

Anda pun dapat menggunakan fitur tersebut untuk mengirim pesan ucapan selamat ulang tahun kepada pacar, tanpa harus menunggu tengah malam, atau hal lain yang lebih penting.

Untuk menggunakan fitur "Schedule Message" di Telegram, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum tim VOI di bawah ini.

Cara Menggunakan Fitur Schedule Message di Telegram

Untuk menggunakan fitur "Schedule Message" pengguna dapat membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu dan pilih kolom obrolan. Anda dapat memilih kontak yang ada di dalam aplikasi Telegram Anda untuk dikirimi pesan.

Selanjutnya, tulis pesan yang ingin Anda kirim kepada kontak tersebut di kolom pesan. Setelah selesai menulis pesan, Anda dapat menahan ikon "Kirim" yang tersedia di sebelah kanan.

Akan muncul jendela menu, dan Anda dapat memilih "Schedule Message" apabila ingin mengirim pesan secara terjadwal. Kemudian, tentukan waktu pengiriman pesan tersebut secara spesifik.

Anda dapat menentukan tanggal, bulan, tahun serta jam untuk memgirim pesan pada menu pengaturan yang tersedia. Setelah Anda mengatur waktu pengiriman, selanjutnya klik ikon "Send On", untuk menjadwalkan pesan.

Dengan demikian pesan yang Anda tulis sudah dijadwalkan dan akan dikirim sesuai dengan waktu yang ditentukan. Anda pun dapat mengecek riwayat pesan terjadwal yang Anda buat dengan menekan ikon "Kalender".

Untuk mengeceknya, Anda dapat menahan ikon "Kirim" pada menu obrolan, dan pilih ikon "Kalender" yang muncul di posisi terpisah dari menu "Schedule Message".

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah pesan yang Anda jadwalkan di Telegram sudah terkirim. Selain itu, Anda juga dapat memperbaruinya apabila terjadi kesalahan tanggal, atau teks yang ditulis.

Jika Anda ingin mengubah isi teks, tetapi pesan yang Anda jadwalkan di "Schedule Message" sudah terkirim, pengguna tetap bisa memperbaikinya dengan menggunakan fitur "Edit Typing".