Cara Kirim Pesan di Aplikasi Telegram Menggunakan Fitur <i>Silent Messages</i>
Cara Kirim Pesan di Aplikasi Telegram Menggunakan Fitur Silent Messages (Digital Trends)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Telegram merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan saat ini. Meskipun baru dirilis pada 2013, tetapi aplikasi yang dikembangkan Telegram Messenger LLP tersebut mampu bersaing dengan WhatsApp.

Berbeda dengan WhatsApp yang kerap dikeluhkan penggunanya karena sering "Down", Telegram terus melakukan inovasi yang membuat penggunanya dapat mengirim pesan instan dengan berbagai macam cara.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Telegram adalah "Silent Messages" yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa nada dering, meskipun ponsel penerima pesan tidak dalam mode silent.

Hal itu bertujuan supaya pengirim pesan tidak mengganggu penerima pesan. Pasalnya, beberapa orang ingin mengirim pesan di malam hari tetapi khawatir hal tersebut akan mengganggu waktu istirahat orang yang menerima pesan.

Namun, Anda tentu tidak bisa menggunakan fitur "Silent Messages" untuk mengirim pesan yang bersifat darurat. Pasalnya, pengguna tidak akan mendapat notifikasi nada dering atau getar di ponsel mereka.

Cara menggunakan fitur Silent Messages, pun cukup mudah dan dapat dilakukan saat akan mengirim pesan. Namun, jika Anda belum tahu cara melakukannya, tim VOI telah mempersiapkan tutorial yang terdapat dalam artikel di bawah ini.

Cara Mengirim Silent Messages di Telegram

Untuk mengirim "Silent Messages" di Telegram, pengguna dapat membuka aplikasi Telegram yang ada di dalam smartphone atau komputer yang Anda miliki.

Setelah masuk aplikasi, pengguna dapat memilih kolom obrolan dan mencari kontak yang akan Anda kirimi pesan. Tulis pesan Anda pada kolom yang tersedia.

Saat mengirim pesan, Anda dapat menahan ikon "Kirim" sampai muncul jendela menu baru. Jika Anda ingin mengirim pesan dalam format "Silent Messages" Anda dapat memilih menu "Send Without Sound".

Setelah menekan menu tersebut, pesan yang Anda tulis akan dikirim kepada ke penerima tanpa disertai dengan nada dering atau getaran. Penerima pesan akan mengetahui pesan tersebut apabila dia sedang membuka ponselnya.

Namun, jika penerima pesan tidak sedang memegang ponselnya, maka pesan tersebut baru akan diketahui di keesokan harinya saat dia membuka kembali ponsel tersebut.

Demikianlah cara mengirim pesan tanpa suara, menggunakan fitur "Silent Messages" di Telegram. Pengguna dapat menggunakan fitur tersebut sewaktu-waktu jika tidak ingin mengganggu penerima pesan.

Sebagai catatan, saat mengirim yang bersifat darurat fitur Silent Messages tidak direkomendasikan untuk digunakan. Pasalnya, hal tersebut memungkinkan penerima pesan tidak mengetahui pesan Anda dengan cepat.

Terlebih, jika Anda mengirim "Silent Messages" di Telegram pada malam hari, kemungkinan pesan Anda tertimbun pesan lainnya akan menjadi semakin besar.