Cara Mengaktifkan <i>Disappearing Messages</i> di WhatsApp untuk Membuat Pesan Hilang Sendiri
Cara Mengaktifkan Disappearing Messages di WhatsApp untuk Membuat Pesan (GadgetNow)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki fitur yang dapat membuat chat menghilang secara otomatis, yakni Disapearing Messages, yang dapat diaktifkan oleh semua pengguna.

WhatsApp telah menambahkan fitur Disappearing Messages untuk memberi pengalaman yang lebih menyenangkan kepada penggunanya saat menggunakan aplikasi pesan instan tersebut.

Cara kerja dari Disappearing Messages di platform WhatsApp adalah pesan yang Anda kirim akan hilang secara otomatis setelah beberapa hari, tetapi pesan tersebut tidak benar-benar hilang.

Pengguna masih bisa melihat pesan tersebut apabila sudah mengaktifkan backup messages. Fitur tersebut dapat digunakan untuk pesan pribadi maupun pesan obrolan di grup.

Sementara itu, untuk pesan yang dikirim atau diterima sebelum pengguna mengaktifkan fitur Disappearing Messages masih tetap bisa diakses oleh pengguna alias tidak ikut terhapus secara otomatis.

Namun, pengguna harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengaktifkan fitur tersebut, seperti pratinjau pesan, dan mengaktifkan backup pesan di Google Drive supaya pesan tidak hilang secara permanen.

Sementara untuk file lainnya seperti foto dan dokumen yang dikirim memalui pesan WhatsApp secara otomatis akan tersimpan di ruang penyimpanan perangkat Anda, meskipun media tersebut sudah menghilang dari chat Anda.

Jika pengguna tertarik untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages WhatsApp, di bawah ini tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages  WhatsApp

Untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages WhatsApp yang dapat menghilangkan pesan di chat pribadi maupun obrolan grup secara otomatis, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp Anda dan buka salah satu ruang obrolan atau chat.

Pengguna dapat menggunakan ruang obrolan pribadi, maupun obrolan grup untuk mengaktifkan fitur tersebut. Selanjutnya, klik pada nama kontak atau nama grup di bagian atas ruang obrolan tersebut dan pilih menu "Disappearing Messages".

Klik menu tersebut dan pilih menu "On" untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages. Dengan demikian fitur tersebut sudah aktif di aplikasi WhatsApp Anda dan secara otomatis pesan yang Anda kirim atau diterima di perangkat Anda akan terhapus setelah 7 hari.

Saat ini belum ada menu pengaturan waktu penghapusan pesan otomatis di WhatsApp. Oleh karena itu pesan akan terhapus setelah 7 hari apabila pengguna mengaktifkan fitur Disappearing Messages.

Demikian adalah cara yang dapat lakukan untik mengaktifkan fitur Disappearing Messages. Pengguna dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami rangkum di atas.