Cara Menggunakan 4 Fitur Rahasia WhatsApp yang Dapat Mengurangi Ruang Penyimpanan
Cara Menggunakan Fitur Rahasia WhatsApp (QRKodePress)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp saat ini menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di smartphone. Hampir semua pengguna smartphone di dunia, termasuk Indonesia menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekatnya setiap hari.

Fitur yang paling banyak digunakan di aplikasi WhatsApp adalah mengirim dan menerima pesan, melakukan panggilan biasa dan video call, serta berbagi status kepada orang-orang yang terhubung di kontak.

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat hal-hal yang lebih detail dengan percakapan mereka hingga cara praktis untuk supaya ponsel Anda tidak menyimpan terlalu banyak file.

Fitur-fitur rahasia yang jarang diketahui oleh banyak pengguna WhatsApp telah dirangkum oleh tim VOI dalam artikel di bawah ini.

Melihat dengan Siapa Anda Sering Mengobrol di WhatsApp

Jika Anda ingin mengetahui orang yang paling banyak berkomunikasi dengan Anda di WhatsApp, pengguna dapat mengeceknya dengan mengetuk ikon 3 titik di dalam aplikasi.

Selanjutnya, Anda dapat mengklik ikon di ujung kanan atas lalu pilih settings (setelan), kemudian pilih Data & Storage, dan buka Manage storage.

Akan muncul daftar kontak yang paling sering mengirim pesan kepada Anda di WhatsApp. Anda juga dapat mengetuk setiap kontaknya untuk melihat lebih detail.

Menghapus Pesan Secara Otomatis

Selain mengetahui orang yang paling sering berhubungan dengan Anda di WhatsApp, pengguna juga dapat menghapus pesan secara otomatis. Anda dapat mengaktifkan fitur "Disappearing Messages" supaya semua pesan percakapan hilang dari ruang obrolan setelah tujuh hari.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, Anda juga dapat membuat memori ponsel tidak cepat penuh, serta memudahkan pengguna untuk menghapus pesan-pesan yang sudah lama.

Cara mengaktifkan fitur penghapus pesan otomasti adala masuk ke aplikasi WhatsApp. Buka obrolan baik personal maupun grup, lalu ketuk nama kontak atau grup di bagian ataa, dan lalu aktifkan opsi 'Disappearing Messages'

Ekspor Percakapan

Jika sebelumnya, Anda bisa menghapus pesan secara otomatis, selanjutnya Anda dapat mengekspor percakapan yang dirasa penting untuk disimpan. Saat melihat percakapan, pengguna dapat mengetuk tombol menu, kemudian pilih "More" dan "Export Chat".

Menghapus File dengan Cepat

Selain menghapus pesan secara otomasti, pengguna juga dapat menghapus pesan dengan cepat. Anda dapat menghapus file-file yang tidak digunakan lagi supaya ruang penyimpanan tidak penuh.

Jika pengguna tetap menyimpan file yang tidak digunakan, dapat mempengaruhi performa smartphone Anda. Sementara menghapus file satu per satu dari setiap obrolan akan merepotkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menghapus file dengan cepat. Caranya, pengguna masuk aplikasi WhatsApp, kemudian pilih setelan. Klik penyimpanan dan data, kemudian gulirkan ke kolom kelola penyimpanan.

Di bawah bagian 'Review and Delete', pengguna dapat mengetuk tab 'Larger Than 5 MB' atau 'Forwarded Many Times'. Selanjutnya, pilih file yang akan dihapus, dan pilih "Delete"

Itulah fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp tetapi jarang diketahui oleh penggunanya. Anda pun dapat menggunakan salah satu fitur untuk memudahkan pekerjaan atau untuk kepentingan lain.