Cara Sembunyikan Chat WA Dengan Kode Rahasia: Chat Auto Aman!
Cara Sembunyikan Chat Wa Dengan Kode Rahasia (Gambar Christian Wiediger - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna WhatsApp di Android serta iPhone, bisa mengaktifkan fitur kunci pesan ataupun Chat Lock buat meningkatkan lapisan privasi ekstra ke tiap percakapan. Ingin tahu bagaimana cara sembunyikan chat WA dengan kode rahasia?

Buat membaca ataupun mengirim pesan, pengguna wajib membuka Chat Lock memakai autentikasi perangkat, semacam password HP, Face ID, sidik jari, ataupun dengan kode rahasia yang bisa pengguna atur.

Chat yang dikunci bakal ditaruh terpisah dari chat Kalian yang lain di folder Obrolan Terkunci.

Saat mengaktifkan Chat Lock, konten notifikasi serta kontak bakal dirahasiakan. Notifikasi bakal ditampilkan selaku "WhatsApp: 1 pesan baru" saja.

Buat membantu menjaga privasi media, Kalian wajib menonaktifkan kunci chat menyimpan media ke galeri HP.

Apabila Kalian mengaktifkan chat lock di satu ponsel, obrolan cuma bakal dikunci di perangkat itu saja. Bila mempunyai fitur lain yang ditautkan ke WhatsApp, misalnya laptop, chat di fitur yang ditautkan tersebut tidak bakal dikunci.

Di dalam web resminya, WhatsApp menjelaskan langkah-langkah metode mengaktifkan Chat Lock, kemudian menyembunyikan pesan terkunci dengan kode rahasia. Berikut selengkapnya:

Cara Sembunyikan Chat Wa Dengan Kode Rahasia

Aktifkan Chat Lock WhatsApp

Kalian bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur Chat Lock buat chat apa pun. Bila Kalian belum mempersiapkan autentikasi perangkat, semacam password ponsel, sidik jari, ataupun pemindai wajah (Face ID) ID, Kalian hendak diminta buat menyiapkannya sebelum mengunci obrolan.

  1. Tekan lama pada obrolan yang mau Kalian kunci.
  2. Pilih obrolan yang mau dikunci, kemudian tekan serta tahan
  3. Ketuk ikon titik 3 serta pilih "Lock Chat".

Buat kode rahasia WhatsApp

Sehabis mengaktifkan Lock Chat, Kalian bisa memilih buat mengunci chat dengan kode rahasia yang berbeda dari kode sandi ponsel.

Buat lapisan privasi ekstra, Kalian pula bisa memilih buat menyembunyikan folder Obrolan Terkunci sehingga tidak muncul di daftar chat serta hanya timbul saat Kalian mengetikkan kode rahasia ke dalam Pencarian.

Untuk membuat kode rahasia:

  1. Buka folder Obrolan Terkunci (Locked Chats), kemudian klik Pengaturan
  2. Ketuk Kode Rahasia, setelah itu Buat Kode Rahasia
  3. Buat kode Kalian serta klik Berikutnya
  4. Konfirmasikan kode dan Selesai.

Chatbot Pemilu 2024 Bisa Diakses Dengan WhatsApp

Masyarakat dapat mengakses chatbot Pemilu melalui nomor WhatsApp 081120242214. Berikut ini langkah-langkah menggunakan layanan chatbot Pemilu 2024 yang bisa Anda ikuti:

  • Silakan buka WhatsApp di ponsel Anda. Layanan chatbot ini tidak bisa diakses lewat desktop PC. 
  • Kemudian klik "Kirim Pesan" dalam tampilan awal aplikasi WhatsApp.
  • Masukkan nomor 08112024214, kemudian akan ditampilkan akun "Komisi Pemilihan Umum" 
  • Lalu klik "Chat".
  • Silakan menuliskan pesan yang ingin disampaikan kepada KPU, contohnya: "Halo, saya mau bertanya". 
  • Layar aplikasi akan menampilkan permintaan "Silahkan ketik Menu untuk mendapatkan informasi". 
  • Kirimkan balasan sesuai yang diminta chatbot Pemilu. 
  • Chatbot Pemilu 2024 akan menampilkan pesan panjang yang berbunyi "Halo Teman Pemilih Selamat Datang di Layanan Virtual Komisi Pemilihan Umum. Perkenalkan saya adalah si Sura Sulu Maskot Pemilu Tahun 2024 akan membantu Anda menyampaikan informasi seputar Pemilu 2024". 
  • Bersamaan dengan pesan itu, Chatbot Pemilu 2024 juga melampirkan "Pilihan Menu" yang harus dipilih salah satu, meliputi: (1) Hari Pemungutan Suara; (2) Syarat Menjadi Pemilih; (3) Jenis Daftar Pemilih; (4) Cek Daftar Pemilih; (5) Pilihan Pemilu 2024; (6) Partai Politik Pemilu; (7) Daftar Calon Tetap; (8) Cara Pindah Memilih; (9) Cara Gunakan Hak Pilih; (10) Kampanye.
  • Jika sudah memilih satu informasi yang diinginkan, Anda akan melihat sajian penjelasan dari Chatbot dalam layar ponsel. 
  • Anda dapat memilih opsi "Menu Utama" jika ingin mencoba menu lain agar lebih banyak informasi.
  • Informasi seputar Pemilu 2024 kini tampil di layar ponsel Anda.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca: “Cara Mengakses Chatbot Pemilu 2024 Lewat WhatsApp”.

Jadi setelah mengetahui cara sembunyikan chat Wa dengan kode rahasia, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!