Cara Buat Tautan dan Kode QR Grup WA Agar Mudah Dibagikan
Aplikasi WhatsApp (Photo by HeikoAL on Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun pengguna WhatsApp terus menurun, aplikasi chat ini masih jadi salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Mengingat beragam fitur menarik yang mendukung komunikasi serta mudah digunakan membuat WhatsApp masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Salah satu fitur yang disediakan oleh perusahaan adalah grup. Melalui grup WhatsApp, pengguna bisa berbagi informasi dengan banyak orang sekaligus. Tentu dengan batas sebanyak 256 anggota.

Saat Anda memiliki grup WA, menambahkan anggota baru bisa jadi aktivitas yang membosankan. Sudah jadi rahasia umum, menambahkan anggota baru hanya bisa dilakukan oleh admin yang sudah ditunjuk saja.

Jika hanya menambahkan satu anggota, mungkin tak jadi soal. Tapi lain hal seandainya Anda, sebagai admin, diminta untuk menambahkan beberapa orang sekaligus. Untuk mengundang anggota baru satu per satu tentu memakan waktu.

Beruntungnya, kini ada langkah langkah alternatif yang bisa Anda jalankan ketika ingin mengundang anggota baru. Yakni dengan menggunakan tautan grup WA atau kode QR.

Langkah ini dijamin makin memudahkan dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mengundang anggota baru ke dalam grup WA Anda. Untuk cara membuat tautan grup WA dan kode QR, simak langkah-langkah di bawah.

Cara Buat Tautan Grup WhatsApp

Beruntungnya, langkah-langkah ini bisa Anda lakukan lewat ponsel yang menjalankan sistem operasi iOS atau Android. Lebih lengkap, berikut ini uraian caranya.

  • Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel iPhone atau Android yang Anda gunakan
  • Pilih dan masuk ke dalam grup WA yang akan dibagikan
  • Ketuk nama Grup WA
  • Usap layar ke atas hingga Anda menemukan menu Undang via Tautan, ketuk menu tersebut
  • Setelah itu, WhatsApp bakal membuat tautan dari grup WA Anda sehingga bisa dibagikan ke pengguna lain
  • Tap Kirim Tautan Via WhatsApp jika Anda ingin membagikannya lewat aplikasi, atau Copy Link jika ingin dibagikan lewat platform lain

Nantinya, setiap calon anggota grup bisa mengetuk tautan yang Anda kirimkan untuk masuk ke grup WA tanpa membutuhkan persetujuan admin.

Cara Buat Kode QR Grup WA

Selain melalui tautan, Anda juga bisa mengirimkan undangan grup WA dalam bentuk kode QR. Nantinya, calon anggota cukup memindah kode QR yang dikirimkan untuk bisa masuk ke dalam grup WhatsApp.

Begini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WA, masuk ke grup, lalu ketuk profil grup WhatsApp
  • Usap layar ke atas, lalu ketuk menu Undang Via Tautan
  • Ada beberapa menu yang muncul, ketuk menu Kode QR
  • Tunjukkan kode tersebut kepada calon anggota agar dipindai dan langsung masuk ke dalam grup yang sudah dibuat

Jika kapasitas grup WA Anda sudah maksimal pun jika Anda merasa ada terlalu banyak orang asing yang bergabung karena tautan grup WA disebarkan tanpa sepengetahuan, cukup hapus tautan tersebut. Sehingga tautan yang sudah dibagikan tidak akan bisa digunakan lagi.

Terkait