Cara Menghubungkan Instagram dengan <i>Chat</i> WhatsApp
Cara menghubungkan Instagram dengan chat WhatsApp (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram mengumumkan cara baru yang memudahkan pengguna untuk menghubungi pemilik akun bisnis melalui WhatsApp secara langsung dari aplikasinya. Di mana pelaku bisnis kini dapat menghubungkan nomor WhatsApp dengan profil Instagram bisnis mereka. 

Menurut Country Director Facebook, Pieter Lydian, Indonesia jadi negara pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur ini. Melalui fitur ini, para pengguna dapat langsung menghubungi dan memulai percakapan dengan para penjual melalui WhatsApp hanya dengan satu klik setelah menemukan bisnis tersebut di Instagram.

"Instagram terus berkomitmen membantu UMKM dan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka serta mendorong penjualan, terutama di masa pandemi seperti ini," ujar Pieter Lydian, dalam keterangan tertulisnya. 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa untuk membangun obrolan lebih lanjut seputar produk dengan pelanggan guna mendorong penjualan. Sebelumnya, para pengguna Instagram harus memasukkan nomor WhatsApp bisnis yang tertera di profil Instagram bisnis secara manual.

"Kami menyadari bahwa banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai etalase virtual, dan WhatsApp sebagai gerbang akhir untuk membangun obrolan lebih lanjut seputar produk dengan pelanggan guna mendorong penjualan," dia melanjutkan.

"Melalui fitur ini, kami harap para pelanggan dapat terhubung dengan bisnis yang mereka sukai secara lebih mudah dan cepat sehingga dapat mempercepat terjadinya proses transaksi," Pieter menambahkan. ​

Berikut cara hubungkan Instagram dengan Chat WhatsApp:

  1. Menambahkan tombol Whatsapp di profil Instagram bisnis
  2. Kunjungi halaman akun bisnis Instagram Anda, lalu pilih Edit Profil
  3. Pilih opsi kontak, lalu tambahkan nomor WhatsApp Anda
  4. Masukkan kode autentikasi yang Anda terima, lalu akun Instagram bisnis Anda akan terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp Anda
  5. Membatalkan tautan akun Instagram dengan WhatsApp melalui aplikasi WhatsApp
  6. Buka Fitur Bisnis dan pilih Pengaturan
  7. Ketuk akun tertaut
  8. Pilih Instagram dan ketuk Batalkan Tautan