Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui Penggunanya
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi layanan pesan instan WhatsApp merupakan salah satu alat komunikasi online yang dinilai lebih praktis ketimbang aplikasi serupa. Namun, tahukah kamu kalau WhatsApp punya fitur yang jarang diketahui penggunanya.

Saking banyaknya digemari, saat ini WhatsApp memiliki pengguna berjumlah 2 miliar. Begitu banyak fitur WhatsApp yang tidak sengaja ditemukan secara kreatif oleh mereka. Benar-benar multifungsi sekali.

Berikut VOI rangkum beberapa fitur rahasia WhatsApp yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, bisa membantu kamu yang masih single, lho!

1. Bisa Bikin Grup dengan Diri Sendiri

Jika kamu berkecimpung di dunia pekerjaan yang membutuhkan untuk mengirim file dengan mudah, kamu bisa gunakan aplikasi WhatsApp ini lewat satu tombol share link to.

Caranya, undang salah satu teman terdekat kamu ke grup WhatsApp yang dibuat, labeli dengan nama grup sesuai yang diinginkan. Jika sudah, remove teman kamu tersebut dari grup, dan jadilah grup yang berisi kamu seorang diri. Jika teman kamu memprotesnya lewat personal message, beri tahu saja kamu hanya sedang melakukan suatu percobaan apakah WhatsApp eror atau tidak.

2. Chat dengan Diri Sendiri di WhatsApp

Kunci bisa bercakap dengan diri sendiri di aplikasi ini adalah dengan menyimpan nomor sendiri di kontak. Labeli dengan sesuka hati kamu, misal 'My Love' agar tidak disangka single.

Cara ini juga dapat membantu kamu mentransfer apapun ke dalam chat room, tidak memerlukan Bluetooth atau aplikasi sharing lainnya yang begitu merepotkan.

3. Bisa Chat Orang Lain Tanpa Menyimpan Nomornya

Tidak banyak orang yang tahu kalau kita bisa memulai chatting di WhatsApp tanpa menyimpan nomor lawan chat kita. Cara berikut memang agak membingungkan, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba untuk kamu yang malas menginput nomor baru di kontak.

Buka browser Chrome, Safari, Mozilla atau aplikasi browsing lainnya. Ketik wa.me/nomorponsel, seperti wa.me/6214045. Dengan trik tersebut, kamu juga bisa chat dengan nomor yang kamu gunakan saat ini.

4. Bikin Huruf Tebal, Miring atau Dicoret

Trik yang satu ini sungguh kreatif, buat kamu yang hobinya ngegas, kamu bisa gunakan huruf tebal saat mengirim pesan. Caranya tambahkan tanda bintang '*' ke dalam pesan yang dikirim, misal *KAMU TERLALU BAIK BUAT AKU.*

Kedua, untuk memiringkan pesan, kamu cukup tambahkan tanda garis bawah seperti ini _Baiklah aku akan menjadi jahat_. Selanjutnya tekan enter, otomatis pesan yang kamu kirim akan berbentuk miring atau Italic.

Kemudian yang ketiga, untuk mencoret pesan, tambahkan tanda '~' ke dalam pesan seperti ~Kamu jangan makan pedas~.

5. Sematkan Chat yang Penting (Pin)

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menahan salah satu percakapan yanng ingin kamu pin, lanjutkan dengan klik tanda pin di sisi atas. Pengguna WhatsApp hanya bisa melakukan pin chat dengan maksimal tiga percakapan saja. Kamu bisa gunakan ini untuk grup, keluarga maupun pasangan.

6. Keamanan Aplikasi WhatsApp

Belum lama ini, aplikasi milik Mark Zuckerberg itu meluncurkan fitur untuk meningkatkan keamanan aplikasi pesan instan tersebut. Kamu bisa mengunci WhatsApp dengan sidik jari. Jadi, semua percakapan kamu dengan siapa pun di aplikasi ini otomatis akan terjaga.

Caranya, pilih Pengaturan, ketuk Privasi dan Finger Print (sidik jari). Kemudian, tutup aplikasi WhatsApp dan buka kembali dengan sidik jari yang telah diaktifkan.

Itulah beberapa fitur yang jarang diketahui oleh penggunanya. Untuk informasi fitur baru, belum lama ini WhatsApp telah meluncurkan fitur dark mode atau mode gelap untuk tampilan aplikasinya. Tidak sampai di situ aplikasi yang diakuisisi oleh Facebook pada 2014 itu kabarnya akan meluncurkan fitur terbarunya lagi.

Menurut rumor, WhatsApp akan menjadikan platform pesan instannya berfungsi mirip dengan aplikasi milik Apple yakni iMessage. Kemiripannya ini, pengguna dapat secara fleksibel menggunakan aplikasi tersebut di semua perangkat tanpa terhubung ke perangkat utama.

Artinya, satu akun WhatsApp bisa digunakan di beberapa perangkat, baik smartphone maupun desktop yang berbeda secara bersamaan. Diketahui, selama ini pengguna WhatsApp memang dapat terhubung di dua perangkat melalui WhatsApp Web, namun hal itu tidak akan berlaku lagi.

Dengan begitu, pengguna bisa mengaktifkan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat yang berbeda seperti laptop, ponsel, dan desktop karena tidak perlu menghubungkan kembali ke ponsel tiap kali berpindah perangkat. Tetapi, belum diketahui pasti kapan fitur terbaru ini akan muncul.

Lainnya, fitur Boomerang seperti Instagram juga akan disematkan WhatsApp pada aplikasinya. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat video looping dengan mudah dengan durasi tujuh detik. Fitur khusus ini sebenarnya sedang dalam tahap perkembangan dan akan tersedia lebih dahulu untuk pengguna iPhone menurut laporan Mobile App Daily.