WhatsApp Akhirnya Bisa Gelap-gelapan
WhatsApp Dark Mode (WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah melalui beberapa tahapan pengujian, WhatsApp akhirnya menghadirkan fitur dark mode di aplikasi pesan instannya. Fitur ini sudah bisa diaplikasikan untuk semua pengguna Android dan iOS.

Rumor dark mode di WhatsApp memang sudah lama dinantikan pengguna layanan pesan instan ini. Apalagi mode gelap memang sudah menjadi tren populer di sejumlah aplikasi sosial media.

"Dark mode di WhatsApp sudah di sini. Mungkin adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta," tulis Mark Zuckerberg di postingan Facebooknya.

WhatsApp dark mode ini sudah bisa digunakan untuk pengguna sistem operasi (iOS) 13 dan Android 9-10. WhatsApp memberikan sedikit pembeda antara fitur dark mode di iOS dan Android. 

cara mengaktifkan mode gelap di WhatsApp (WhatsApp)

Bedanya adalah tema gelap WhatsApp sebagian besar akan berwarna hitam pekat di perangkat iOS, sementara di Android akan berwarna abu-abu gelap. Kehadiran fitur ini diharapkan bisa mengurangi ketegangan mata pengguna di lingkungan dengan pencahayaan yang minim. 

"Kami sangat senang memperbarui WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta dari pengguna kami di mana saja, mode gelap. Saat merancang mode gelap, kami menghabiskan waktu untuk meneliti dan bereksperimen dengan fokus pada dua aspek tertentu," kata juru bicara WhatsApp dalam keterangan resminya seperti dikutip dari The Verge.

Diketahui, dua aspek itu meliputi pemilihan warna dapat meminimalkan kelelahan mata dan mendekati deaflut seistem pada iPhone maupun Android. Kedua, agar pengguna dapat dengan mudah memusatkan perhatian pada setiap layar memiliki warna yang dipiih dan elemen desain, untuk memastika informasi yang paling penting terlihat menonjol. 

Untuk mengaktifkan fitur dark mode di WhatsApp, Pengguna bisa mengikuti langkah di bawah ini. Namun pastikan terlebih dulu aplikasi WhatsApp kalian sudah ter-update ke versi lebih baru.

Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas layar. Pilih menu "Settings", lalu pilih bagian "Chats" dan masuk ke menu Theme atau tema. Di sana ada dua pilihan pengaturan, pertama "Light" pengaturan tampilan normal. Dan kedua, "Dark" untuk tampilan gelap.