Tampilan Awal Mode Gelap untuk WhatsApp versi <i>Web</i>
Ilustrasi aplikasi WhatsApp (arivera/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp telah menguji versi beta dari fitur mode gelap atau dark mode dalam versi Beta. Meski belum sempurna sepenuhnya, WhatsApp dikabarkan juga mulai menguji mode gelapnya untuk versi web dan desktop.

Menurut laporan dari WABetaInfo, layanan pesan instan milik Facebook ini sedang mengerjakan pengembangan tema gelap pada platform desktop-nya. Dari bocoran tampilannya, memperlihatkan laman latar WhatsApp yang berubah menjadi hitam gelap.

Tak ketinggalan emoji dan stiker yang disematkan dengan antarmuka hitam. Meski masih uji coba, WhatsApp belum merilis tema gelap ini secara keseluruhan. 

Selain itu, beberapa fungsi yang umum dari layanan pesan instan ini juga belum berfungsi normal. Misalnya, warna latar belakang untuk emoji masih putih dan tampaknya tidak memiliki toggle untuk mengaktifkan tema gelap. Hal ini dianggap wajar karena fitur ini masih memiliki sejumlah bug

Tangkapan Layar WhatsApp Web darkmode (WAbetainfo)

 

Terlepas dari itu, mode gelap WhatsApp untuk aplikasi selulernya telah menjadi titik perhatian karena baru-baru ini layanan yang juga milik Mark Zuckerberg itu telah mencapai 2 miliar jumlah pengguna lebih dari satu tahun.

Diketahui, WhatsApp dark mode telah tersedia dalam beberapa rilis beta yang signifikan untuk aplikasi Android dan iOS. Namun, masih belum ada berita tentang peluncuran resmi global tema gelap tersebut, tetapi berbagai pengaturan dan versi uji coba mengungkapkan bahwa fitur tersebut akan diluncurkan lebih cepat.

Sebagai informasi, tema gelap juga tengah dikembangkan oleh Android, terungkap beberapa minggu yang lalu, Android Beta versi 2.20.31 terlihat membawa warna solid gelap baru yang sedang dalam tahap pengembangan. Pada dasarnya berarti ada kemungkinan bahwa fitur mode gelap dapat memiliki warna gelap lainnya, bukan hanya hitam.

Berikut ini cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp web yang VOI rangkum dari TechCrunch:

Untuk mengaktifkan tema gelap di WhatsApp web, pertama-tama pastikan Anda memiliki versi terbaru Google Chrome atau Mozilla Firefox. Selanjutnya, unduh dan instal Stylus, ekstensi untuk Google Chrome atau Firefox. 

Ekstensi Stylus membantu pengguna untuk menerapkan berbagai tema ke situs web dan versi desktop tertentu. Setelah Anda menginstal ekstensi Stylus, Anda akan melihat beberapa tema berwarna termasuk tema gelap, pilih "Instal Style." Lalu, buka WhatsApp web atau muat ulang tab di salah satu browser, nantinya tema gelap Anda akan muncul. 

Selain WhatsApp berbagai platform dan media sosial saat ini berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur dark mode atas permintaan pengguna. Lebih dahulu ada Telegram, Twitter, Spotify, Netflix, YouTube, dan Instagram. 

Adapun alasan mereka menciptakan tema gelap ini karena dengan latar belakang hitam ini diklaim mata kita tidak cepat lelah saat menatap layar ponsel, bahkan lebih baik untuk kesehatan mata karena mengurangi pancaran sinar berlebihan dari layar.

Terlepas dari alasan kesehatan mata, mode gelap ini juga berguna untuk baterai ponsel. Makin sedikit pixel yang dipakai, makin awet penggunaan baterai. Artinya layar LED ponsel tidak bekerja ekstra jika menggunakan fitur dark mode di semua aplikasi gawai.