Deretan Fitur Tersembunyi yang Ada di Spotify
Fitur yang ada di Spotify (foto: dok. pexels)

Bagikan:

 

JAKARTA – Spotify, platform streaming musik, memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Fitur ini cukup beragam dan selalu bertambah sehingga beberapa pengguna mungkin melewatkan fiturnya.

Spotify juga sering menghadirkan fitur yang tidak diumumkan kepada penggunanya, padahal beberapa fitur di antaranya cukup penting. Agar Anda bisa menggunakan Spotify secara maksimal, berikut ini deretan fitur tersembunyi Spotify, dikutip dari Makeuseof.

Pengatur Waktu Tidur untuk Mematikan Lagu

Beberapa pengguna Spotify mungkin gemar mendengarkan lagu sebelum tidur sambil memakai earbuds. Meskipun ini merupakan tindakan yang nyaman bagi beberapa orang, mendengarkan lagu terlalu lama atau bahkan semalaman tidak baik bagi kesehatan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan fitur Pengatur Waktu Tidur dengan mengeklik ikon stopwatch di bawah kanan layar saat pemutaran lagu. Anda bisa memilih waktu yang diinginkan, mulai dari 5 menit hingga 1 jam.

Fitur Crossfade untuk Transisi yang Halus

Fitur berikutnya yang mungkin jarang diketahui pengguna adalah fitur Crossfade. Fitur ini berada di dalam Pengaturan, tepatnya di bagian Playback. Jika Anda belum tahu, fitur ini bisa membuat peralihan lagu jauh lebih mulus.

Bayangkan jika lagu yang sedang Anda dengarkan merupakan lagu ballad, lalu tiba-tiba berubah menjadi lagu rock. Anda mungkin terkejut karena instrumen awal musiknya. Maka dari itu, fitur Crossfade dibutuhkan untuk membuat transisi lagu menjadi mulus.

Sembunyikan Riwayat Musik dari Pengguna Lain

Banyak yang belum tahu bahwa aktivitas Spotify Anda bisa dilihat oleh orang lain. Jadi, jika Anda mendengarkan lagu yang sangat aneh, teman Anda mungkin mengetahuinya. Namun, tenang saja karena riwayat pemutaran ini bisa disembunyikan.

Spotify menyebutnya sebagai fitur Sesi Pribadi. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Profil Anda, lalu buka Pengaturan. Setelah itu, gulir layar hingga melihat bagian Sosial dan aktifkan opsi Mulai sesi pribadi untuk mendengarkan secara anonim.

Itu dia beberapa fitur penting yang mungkin jarang diketahui pengguna Spotify. Jika Anda ingin mengetahui fitur lainnya dari Spotify atau dari aplikasi lainnya, terus ikuti berita terkini dari VOI.