Panasonic Berkolaborasi dengan Jasmy untuk Menghadirkan Platform Web3 Berbasis IoT
Ilustrasi Personal Data Locker dari Jasmy dan Panasonic. (foto: x @HARA_JasmyCFO)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi raksasa Panasonic telah bermitra dengan Jasmy untuk meluncurkan platform Web3 yang menghubungkan data pribadi pada Internet-of-Things (IoT). Platform baru ini akan didasarkan pada produk Jasmy, yaitu Personal Data Locker.

Jasmy merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan platform teknologi yang berfokus pada penyimpanan dan manajemen data pribadi dalam konteks Internet-of-Things (IoT) dan teknologi blockchain.  

Pengembang platform IoT, Jasmy, dan Panasonic Advanced Technology memulai kolaborasi mereka pada bulan Februari, tetapi mengumumkannya pada tanggal 26 Maret. Platform baru ini akan menyediakan penyimpanan data yang aman dan memberikan pengguna kontrol atas akses ke data mereka, serta meningkatkan waktu pemrosesan dan reaksi. Menurut pernyataan mereka:

"Platform ini menggabungkan metode pengembangan yang fleksibel ke dalam teknologi Web3 dan dikembangkan dengan penekanan pada kecepatan. Kami akan mengimplementasikan [platform] publik sebagai platform terbuka, merekrut pengguna secara luas, dan bertujuan untuk menggunakannya dalam berbagai bidang."

Chief Financial Officer Jasmy, Hiroshi Harada, yang menggunakan nama Hara di media sosial, menyatakan bahwa platform baru ini akan dibangun dalam "3-6 bulan."

Menurut situs web Jasmy, dengan Personal Data Locker, hanya nilai hash yang dikelola di blockchain sementara file data disimpan dalam jaringan terdesentralisasi. Berkat sistem ini, kapasitas penyimpanan blok tunggal dan ukuran file besar tidak menjadi hambatan bagi kinerja.

Jasmy didirikan oleh mantan eksekutif Sony pada tahun 2016 dan mencatatkan JasmyCoin (JASMY) di bursa pada tahun 2021. Perusahaan ini menyatakan di situs webnya bahwa ia adalah "sebutan sebagai Bitcoin Jepang." Seperti yang dijelaskan di situs webnya, pedagang membayar Jasmy untuk menggunakan data yang disimpan olehnya dan pemilik data JASMY sebagai imbalan.

Jasmy mengumumkan peluncuran proyek DePIN bernama Janction awal bulan ini. Proyek ini bertujuan untuk membentuk koloni GPU menjadi pusat layanan publik layer-2 dan AI.