Bagikan:

JAKARTA – XL Axiata menjalin kemitraan dengan Cisco, perusahaan teknologi dan jaringan komputer. Keduanya bekerja sama dalam menghadirkan Platform Manajemen Konektivitas Internet of Things (IoT). 

Produk IoT Connectivity+ dari XL Axiata akan didukung oleh IoT Control Center milik Cisco. Dukungan ini diberikan untuk mengatasi kompleksitas dalam merancang arsitektur terpadu. Dengan demikian, produk ini juga bisa memperluas bisnis IoT. 

Yessie D. Yosetya, Director and Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, mengatakan bahwa kebutuhan konektivitas semakin meningkat. Oleh karena itu, implementasi IoT sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. 

"Mereka menyadari bahwa untuk berhasil di bidang ini dalam jangka panjang, mereka perlu memastikan dapat mengatasi kompleksitas yang terkait dengan implementasi IoT dan menjaga keamanan layanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Yessie dalam keterangan yang VOI terima. 

Maka dari itu, XL Axiata berusaha menghadirkan produk IoT Connectivity+ yang tepat. Dengan dukungan dari teknologi buatan Cisco, Yessie yakin produk yang mereka tawarkan bisa memberikan solusi yang inovatif dan sangat membantu. 

"Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Cisco untuk menawarkan solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan bisnis tetapi juga membantu mewujudkan visi kota pintar Indonesia secara berkelanjutan,” ungkap Yessie. 

Sementara itu, Senior Vice President and General Manager Cisco, Masum Mir, mengatakan bahwa Cisco juga berkomitmen dalam menghadirkan inovasi kelas atas. Inovasi ini akan membantu para pelanggan dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal. 

"Dengan menggabungkan kemampuan jaringan seluler yang andal milik XL Axiata dengan IoT Control Center dari Cisco, kami bertekad untuk memajukan IoT di Indonesia, membuat layanan konektivitas IoT dapat diakses dengan mudah, aman, dan transformasional untuk semua jenis bisnis," jelas Masum. 

Platform teknologi ini akan menghadirkan kemampuan deteksi anomali berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Kemampuan ini bisa digunakan untuk memberikan peringatan kepada pengguna terkait masalah perangkat atau konektivitas. 

Keamanan platform ini juga sudah dimaksimalkan dengan sistem end-to-end berkelas enterprise. Teknologi ini akan didukung oleh sistem pemantauan perangkat secara real-time dan fitur analisis untuk para pebisnis yang ingin selangkah lebih maju.