Bagikan:

JAKARTA - Sam Bankman-Fried, pendiri bursa kripto FTX yang terjerat kasus penipuan, akan menghadapi sidang vonis bulan depan. Dia berharap mendapat pengampunan dari hakim dengan mengajukan memo yang berisi kegiatan amal dan kepribadian yang baik.

Bankman-Fried telah dinyatakan bersalah atas tujuh tuduhan penipuan dan persekongkolan tahun lalu. Dia terbukti menipu investor dan nasabah FTX, serta mencuci uang hasil kejahatannya. Dia juga didakwa melanggar aturan pembiayaan kampanye politik.

Tim hukum Bankman-Fried mengusulkan agar dia dihukum antara 63 hingga 78 bulan penjara, jauh lebih ringan dari hukuman maksimal 110 tahun yang dapat dijatuhkan hakim.

“Sam bukanlah ‘si jenius jahat’ yang digambarkan di media atau penjahat serakah yang dijelaskan dalam persidangan. Dia adalah anak berusia 31 tahun, saudara, teman, humanis, dan dermawan,” demikian bunyi memo yang diajukan oleh pengacara pada Selasa malam 27 Februari, menambahkan bahwa Bankman-Fried “sangat, sangat menyesal” atas “penderitaan yang ia sebabkan”, dikutip dari Blockworks.

BACA JUGA:


Dokumen yang berisi hampir 400 halaman itu juga dilengkapi dengan 29 surat dukungan dari berbagai pihak, termasuk keluarga Bankman-Fried, mantan karyawan, dokter, dan korban penipuannya.

Surat-surat tersebut membahas karakter Bankman-Fried, termasuk anekdot dari kehidupannya sebelum FTX dan upaya filantropis yang ia lakukan sebagai kepala bursa tersebut.

Ibu Bankman-Fried, Barbara Fried, menulis tentangnya saat di perguruan tinggi ketika Bankman-Fried menghibur seorang teman yang berduka. Kat Woods, mantan pelanggan FTX, mengatakan kepada pengadilan bahwa meskipun dia “telah sangat dirugikan” oleh tindakan Bankman-Fried, pendiri yang tercela itu “jelas bukanlah orang jahat.”

“Bahkan sebagai seorang miliarder, dia mengendarai mobil paling biasa yang ada,” tulis Dr. George Lerner, psikiaternya Bankman-Fried. “Dia memakai kaos compang-camping dan celana pendek. Dia memasak sebagian besar makanannya sendiri, biasanya menggoreng daging vegan Trader Joe’s dengan sedikit sayuran, cukup untuk teman sekamar atau tamu yang ada.”

Bankman-Fried telah memilih untuk mengganti tim hukumnya sejak divonis bersalah pada November tahun lalu. Dia menunjuk Marc Mukasey dan Torrey Young bulan lalu. Pergantian ini disetujui oleh hakim Lewis Kaplan pekan lalu setelah memastikan Bankman-Fried menyadari haknya.