Mantan Bos FTX dan Celsius Tetap Pakai Pengacara yang Sama di Persidangan
Mantan CEO FTX, Sam Bankam-Fried. (Foto; Dok. Asset Entrepreneur)

Bagikan:

JAKARTA - Sam Bankman-Fried dan Alex Mashinsky, dua mantan CEO bursa kripto terdesentralisasi (DEX) FTX dan Celsius, memilih untuk tetap menggunakan pengacara yang sama dalam sidang penipuan yang menjerat mereka. Keputusan ini menimbulkan pertanyaan tentang konflik kepentingan, mengingat adanya bukti bahwa Celsius pernah meminjamkan uang kepada Alameda Research, perusahaan mitra FTX, dan dibayar kembali dengan dana pelanggan FTX.

Pada awal bulan ini, jaksa AS meminta sidang khusus untuk menilai apakah pengacara Marc Mukasey dan Torrey Young memiliki konflik kepentingan dalam mewakili Bankman-Fried dan Mashinsky. Kedua pengacara ini sebelumnya juga pernah bekerja sama dalam kasus lain yang melibatkan klien kripto.

Dalam sidang terpisah pekan ini, Bankman-Fried dan Mashinsky menyatakan bahwa mereka tidak keberatan dengan pengacara yang sama dan menolak hak mereka untuk mendapatkan pengacara lain. Mereka juga mengatakan bahwa mereka percaya pengacara mereka dapat mewakili mereka secara profesional dan adil.

BACA JUGA:


Menurut hukum New York, pengacara hanya dapat mewakili dua klien dengan kepentingan yang berpotensi bertentangan jika klien memberikan persetujuan tertulis. Mukasey dan Young juga harus memastikan bahwa mereka tidak berbagi informasi rahasia antara Bankman-Fried dan Mashinsky atau menggunakan informasi salah satu pihak untuk merugikan yang lain.

Bankman-Fried dan Mashinsky merupakan dua tokoh penting di industri kripto, yang masing-masing mendirikan FTX dan Celsius, dua platform pinjaman dan peminjaman kripto terbesar di dunia. Namun, pada November 2022, FTX mengalami kebangkrutan setelah terungkap bahwa Bankman-Fried diduga melakukan penipuan, pencucian uang, dan pelanggaran hukum lainnya.

Pada Desember 2022, Bankman-Fried ditangkap di Bahamas dan diekstradisi ke AS, di mana dia didakwa dengan tujuh dakwaan kriminal. Mashinsky juga didakwa dengan dakwaan serupa, meskipun dia tidak ditahan. Jaksa mengklaim bahwa Mashinsky terlibat dalam skema penipuan bersama Bankman-Fried, di mana Celsius meminjamkan uang kepada Alameda Research dan dibayar kembali dengan dana pelanggan FTX.

Pada November 2023, Bankman-Fried dinyatakan bersalah atas semua dakwaan yang dihadapinya. Sidang vonisnya dijadwalkan pada 28 Maret 2024. Mashinsky akan menjalani sidang pada Januari 2025.