Mantan CEO Binance, Changpeng  Zhao, Divonis 4 Bulan Penjara atas Pelanggaran Hukum Pencucian Uang
Mantan CEO Binance, Changpeng "CZ" Zhao, (foto: x @cz_binance)

Bagikan:

JAKARTA - Hakim federal telah menjatuhkan hukuman empat bulan penjara kepada mantan CEO Binance, Changpeng "CZ" Zhao, atas pelanggaran hukum pencucian uang AS.

Dalam sidang pada 30 April di Pengadilan Distrik AS untuk Wilayah Barat Washington, Hakim Richard Jones menjatuhkan hukuman empat bulan penjara kepada Zhao. Jaksa telah merekomendasikan agar mantan CEO Binance itu menjalani hukuman tiga tahun karena tidak menjaga program Anti-Pencucian Uang (APU) yang efektif saat berada di bursa kripto tersebut. CZ mengakui  bersalah atas tuduhan itu  pada November lalu. Para pengacara CZ meminta agar dia diberikan masa percobaan.

Menurut laporan dari ruang sidang, Hakim Jones mengatakan tidak ada bukti bahwa Zhao "pernah diberi tahu" tentang aktivitas ilegal tertentu di Binance, menentang permintaan jaksa untuk meningkatkan hukuman dari 18 bulan menjadi tiga tahun. Dalam argumen akhir, pengacara pemerintah menyarankan bahwa pendekatan CZ di Binance adalah meminta maaf daripada izin, dan dia tidak boleh diizinkan untuk mendapatkan keuntungan dari tindakannya.

"Penahanan diperlukan untuk mencerminkan seriusnya pelanggaran," kata jaksa Kevin Mosley. "Hukuman masa percobaan di sini akan memberikan insentif kepada orang lain untuk melanggar hukum dan melakukannya dalam skala yang paling besar mungkin."

Pengacara untuk Zhao merujuk pada informasi dalam dokumen yang disajikan ke pengadilan namun disegel untuk publik sebagai "faktor yang mengikat" bagi hakim untuk dipertimbangkan dalam vonis. Tim hukumnya berpendapat bahwa Hakim Jones bisa memberikan masa percobaan selama kurang dari enam bulan, dengan menyatakan kekayaan Zhao dapat membuatnya menjadi sasaran di penjara.

Sebelum dijatuhi hukuman, CZ meminta maaf atas tindakannya dan mengatakan ia "telah banyak waktu sendiri untuk berpikir dan merenung." Dia menambahkan bahwa dia menerima tanggung jawab atas kegagalan Binance untuk mengimplementasikan program APU yang efektif. Menyusul keputusan Hakim Jones, Zhao mengatakan dia akan mempersembahkan diri pada tanggal yang akan ditentukan untuk melaporkan diri ke penjara.

Sidang tersebut awalnya ditunda dari  Februari, mengikuti vonis untuk mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, yang ditemukan bersalah atas tujuh tuduhan pidana pada November. Seorang hakim menjatuhkan hukuman 25 tahun penjara kepada Bankman-Fried, tetapi para pengacaranya telah mengajukan pemberitahuan banding atas baik vonis maupun hukumannya.

Banyak yang hadir di sidang CZ menyarankan bahwa acara tersebut tidak sepopuler persidangan atau vonis Bankman-Fried, yang menarik antrean panjang di luar gedung pengadilan New York City. Pengacara Departemen Kehakiman juga menolak perbandingan antara dua figur kripto itu, menambahkan bahwa kejahatan itu tidak tentang kepribadian mereka.

Zhao mengundurkan diri sebagai CEO Binance dan mengakui bersalah atas tuduhan pidana sebagai bagian dari penyelesaian dengan otoritas AS, di mana bursa kripto itu setuju membayar  4,3 miliar dolar AS (Rp69,7 triliun) untuk "tindakan penegakan peraturan sipil." Kesepakatan itu tidak memengaruhi gugatan perdata yang sedang berlangsung dengan Binance, Binance.US, dan CZ yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada bulan Juni 2023.

Setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada November, CZ mengatakan dia berencana untuk "menjauh dari Twitter" dan belum secara publik mengomentari kasus pidana itu. Pada Maret, dia meluncurkan Giggle Academy, proyek pendidikan terkait kripto dan blockchain untuk anak muda. Richard Teng, mantan kepala pasar regional Binance, menjadi CEO setelah kepergian Zhao.

Alex Mashinsky akan menjadi salah satu figur penting berikutnya di ruang kripto yang menghadapi tuduhan setelah Bankman-Fried dan Zhao. Sidang pidana mantan CEO Celsius di Amerika Serikat dijadwalkan dimulai pada Januari 2025.