YouTube Hilangkan Tombol Matikan Cast di Perangkat Android
 YouTube mengubah desain fitur Cast (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA – YouTube menguji desain terbaru dari fitur Cast pada Februari lalu. Setelah diuji ke beberapa pengguna Android, halaman Cast terbaru akhirnya dirilis ke seluruh pengguna dengan beberapa perubahan fitur.

Di versi YouTube sebelumnya, ketika pengguna Android mengeklik tombol Cast, kotak transmisi akan muncul seperti pop-up di tengah layar. Pengguna akan melihat seluruh rekomendasi perangkat yang mendukung fitur tersebut.

Namun, di tampilan terbaru, user interface membuat kotak transmisi bergeser ke bagian bawah layar. Bentuk tepinya pun berubah, dari yang semula berbentuk kotak menjadi sedikit membulat. Tulisan Transmisikan ke di bagian atas pun menghilang.

Saat YouTube tersambung ke perangkat yang terpilih, fitur Cast di ponsel seharusnya menampilkan video atau musik yang diputar beserta tombol Stop Casting. Jika tombol tersebut diketuk, sambungan perangkat akan langsung terputus.

Namun, tombol itu tidak lagi terlihat karena YouTube menghapus tombolnya di versi aplikasi terbaru. Dibandingkan menampilkan tombol Stop Casting, YouTube menambahkan daftar perangkat lain yang ingin dipilih, termasuk perangkat Android Anda.

Jika Anda mengeklik tombol Ponsel Ini di bagian bawah, sambungan perangkat akan langsung terputus dan pemutaran video akan kembali ke ponsel. Tampilan terbaru ini membuat pengguna bisa beralih perangkat dengan mudah dan cepat.

Selain tombol Stop Casting yang dihilangkan, tombol Pause juga tidak terlihat di kotak Cast YouTube terbaru. Untuk mengontrol pemutaran video, pengguna harus mengaturnya melalui tampilan Now Playing atau melalui kontrol sistem.