Bagikan:

JAKARTA – Bagi beberapa orang, menonton serial atau film akan lebih nyaman menggunakan televisi. Namun, tak semua pengguna memiliki akses ke platform streaming, seperti Netflix, Viu, atau Prime Video.

Jika hal ini menjadi kendala, cara terbaik untuk menonton film atau serial yang Anda inginkan ialah dengan melakukan transmisi dari perangkat Android ke smart TV. Fitur Transmisi atau Cast ini biasanya tersedia di dalam aplikasi atau sistem Android.

Aplikasi seperti YouTube, Netflix, hingga Hulu memiliki tombol Transmisi yang bisa Anda gunakan. Namun, beberapa jenis atau model smartphone mungkin tidak memiliki tombol tersebut. Jika hal itu terjadi, Anda bisa menggunakan Google Home.

Google Home merupakan aplikasi yang bisa terhubung dengan smart TV atau Google Chromecast. Sebelum melakukan transmisi, pastikan bahwa smart TV atau Chromecast yang Anda gunakan sudah terhubung dengan akun Google.

Setelah akun Google ditautkan, buka aplikasi Google Home di perangkat Anda, kemudian pilih televisi yang ingin Anda hubungkan. Jika sudah, klik Transmisikan Layar Saya, lalu ketuk Transmisikan Layar saat pop-up muncul.

Jika ponsel Anda meminta konfirmasi untuk merekam atau memulai transmisi, ketuk Mulai Sekarang. Setelah itu, tampilan di layar ponsel Anda akan terlihat di layar televisi. Anda bisa langsung membuka aplikasi streaming dan mulai menonton.

Setelah selesai menonton film atau serial yang Anda inginkan, buka Google Home dari ponsel Anda dan gulir layar ke bawah. Ketuk panah bawah di Notifikasi Layar Transmisi dan ketuk Putuskan Sambungan.