Cara Instal TikTok TV di Android TV dan Smart TV, Ikuti Tutorial Ini
Ilustrasi TikTok di Smart TV (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - TikTok menghadirkan inovasi baru berupa aplikasi TikTok TV yang bisa diakses lewat smart TV. Dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna tidak hanya bisa mengakses aplikasi TikTok melalui smartphone. Namun juga bisa menonton tayangan video TikTok ke dalam layar lebar. Lalu bagaimana cara instal TikTok TV di Android dan Smart TV?

Aplikasi TikTok TV dapat diakses melalui Android TV, Google TV, Samsung Smart TV, hingga LG Smart TV. Dengan adanya fitur ini, nantinya pengguna bisa merasakan sensasi dan pengalaman baru menikmati konten-konten di TikTok. Video-video TikTok bisa menjadi tayangan hiburan keluarga yang ditonton lewat TV sambil bersantai bareng. 

"Melalui aplikasi seluler kami, TikTok membawa secercah kegembiraan kecil. Namun, dengan menghadirkan pengalaman lewat layar yang besar, kini keluarga dan sahabat bisa menikmati TikTok bersama-sama sebagai bagian rutinitas," tulis TikTok dalam siaran persnya.

TikTok for Android TV menjelaskan bahwa pengguna TikTok TV bisa menikmati konten-konten video dalam jumlah yang tidak dibatasi. Konten-konten yang disajikan nantinya juga akan dipersonalisasi sesuai tema-tema yang menjadi interest atau minat penggunanya. Lantas apa bedanya TikTok TV dengan TikTok versi smartphone. 

Perbedaan TikTok TV dan Versi Smartphone

Pengguna TikTok TV maupun versi smartphone sama-sama perlu login terlebih dahulu untuk bisa mengakses aplikasinya. Untuk jenis atau genre konten-konten video yang disajikan pun sama. 

Namun keduanya memiliki perbedaan dari segi fitur yang disediakan. Fitur dalam TikTok TV lebih terbatas atau tidak selengkap versi smartphone

TikTok TV disediakan khusus untuk menonton atau melihat konten-konten video. Pengguna tidak bisa mengunggah video, berkomentar, live, atau lainnya melalui TikTok TV. Jadi bisa dikatakan bahwa aplikasi ini layaknya layanan video streaming. Tentu saja kelengkapan fiturnya berbeda jauh dengan TikTok versi smartphone. 

Cara Instal TikTok TV di Android dan Smart TV

Cara instal TikTok TV di Smart TV maupun Android TV pada dasarnya sama. Pengguna hanya perlu mencari aplikasinya di menu yang menyediakan kumpulan aplikasi. Di Android TV terdapat di menu Play Store. Sementara di Smart TV seperti Samsung, bisa ditemukan di menu Apps. 

Instal TikTok TV di Android TV

Berikut langkah-langkah Instal aplikasi TikTok TV di Android TV secara mudah:

  1. Tekan tombol Home pada remote. Kemudian masuk ke menu Play Store
  2. Cara aplikasi TikTok for Android TV, kemudian tekan tombol Select. 
  3. Akan muncul layar informasi, pilih Instal. Tunggu proses instalasi sampai selesai. 
  4. Tekan Open/Buka, aplikasi akan terbuka dan bisa diakses. TikTok TV akan otomatis masuk ke daftar aplikasi di Android TV Anda. 

Instal TikTok TV di Smart TV (Samsung)

Berikut langkah-langkah instal aplikasi TikTok TV di Samsung Smart TV:

  1. Tekan tombol Home di smart remote. Masuk ke menu Apps.
  2. Cari aplikasi TikTok, kemudian pilih atau tekan tombol Select. 
  3. Pada layar informasi, pilih Install. Tunggu hingga proses instalasi selesai. 
  4. Menu open aplikasi atau Add to Home akan muncul. Tekan Open untuk membuka aplikasi. 
  5. Tekan Add to Home untuk menambahkan TikTok ke Layar Beranda Samsung Smart TV Anda. 

Pada Samsung Smart TV, aplikasi video seperti TikTok akan otomatis ditambahkan ke Media Home. Sementara aplikasi game akan ditambahkan ke Game Home. 

Demikianlah ulasan mengenai cara instal TikTok TV di Android TV dan Smart TV. Hadirnya aplikasi ini sangat bermanfaat bagi hiburan keluarga karena bisa menikmati konten-konten TikTok lewat layar lebar. Namun untuk fitur-fitur yang disediakan masih terbatas dan tidak selengkap dalam TikTok versi smartphone. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.