Spotify Memperluas Upayanya di Web3 dengan Uji Coba Daftar Putar Berbasis Token
Overlord dapat diakses melalui Web3 bagi mereka yang memegang token non-fungible Creepz (NFT) di Spotify. (foto: twitter @Cbcreepz)

Bagikan:

JAKARTA - Platform streaming musik Spotify memperluas upayanya dalam Web3 dengan menguji playlist yang dapat diaktifkan oleh token di beberapa pasar utama.

Overlord, ekosistem gim Web3, melaporkan pada 22 Februari tentang dimulainya kemitraannya dengan Spotify. Playlist kurasi komunitas yang dapat diaktifkan oleh token dari Overlord sekarang dapat diakses melalui dompet Web3 bagi mereka yang memegang token non-fungible Creepz (NFT) di Spotify. Saat ini, hanya pengguna Android dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Australia, dan Selandia Baru yang dapat membuka playlist tersebut.

Partisipan lain dalam uji coba tiga bulan ini adalah komunitas metaverse Fluf, Moonbirds, dan Kingship. Meskipun Fluf dan Moonbirds tidak membagikan detail tentang kemitraan mereka dengan layanan streaming tersebut secara publik, Kingship mengkonfirmasi partisipasinya dalam uji coba di Twitter.

Untuk membuka daftar lagu, termasuk hits dari Queen, Missy Eliott, Snoop Dogg, dan Led Zeppelin, pengguna harus memiliki Kingship Key Card NFT.

Pengumuman ini memicu kenaikan token musik Web3. Sebagai contoh, VIB, token asli Viberate, naik 33%. Token lain, seperti AUDIO dari Audius dan RHYTHM dari Rhythm, juga naik masing-masing sebesar 4% dan 2,5%.

Kembali pada Mei 2022, Spotify mulai menguji galeri NFT pada profil musisi. Meskipun tanpa opsi pembelian langsung, pengguna dapat melihat pratinjau NFT seniman dan diarahkan ke halaman OpenSea di mana mereka dapat membeli barang tersebut.

Dilporkan oleh Cointelegraph, pasar musik tetap menjadi salah satu area adopsi kripto yang berkembang. Pada akhir Januari, platform podcasting value-for-value Fountain mengumumkan kemitraannya dengan ZEBEDEE untuk memungkinkan pembayaran mikro Bitcoin bagi pendengar podcast.

Pada Februari, hak royalti dari lagu hit Rhianna tahun 2015, "Bitch Better Have My Money," ditawarkan sebagai bagian dari koleksi 300 NFT.

Namun keterlinatan Spotify dengan dunia kripto bukanlah yang pertama di aplikasi media sosial. Ada beberapa aplikasi media sosial yang menggunakan token NFT, di antaranya:

  1. TikTok - Platform video pendek ini telah mengadakan program kreator NFT, di mana pengguna dapat menghasilkan NFT dari video mereka dan menjualnya di pasar NFT.

  2. Instagram - Instagram telah memperkenalkan fitur NFT pada platformnya, yang memungkinkan pengguna menjual karya seni digital mereka sebagai NFT melalui integrasi dengan platform Nifty Gateway.

  3. Twitter - Twitter telah mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan fitur NFT pada platformnya, di mana pengguna dapat mengirim dan menerima NFT sebagai hadiah atau sebagai penghargaan.

  4. Reddit - Platform forum ini telah meluncurkan program NFT beta yang memungkinkan pengguna menjual karya seni digital mereka sebagai NFT.

  5. Discord - Aplikasi chat dan komunikasi online ini telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan fitur NFT, yang memungkinkan pengguna menjual barang virtual sebagai NFT.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan NFT pada aplikasi media sosial masih dalam tahap pengembangan dan belum sepenuhnya diimplementasikan di semua platform.