Spotify Perluas Uji Coba Umpan Musik Bergaya TikTok ke Lima Negara Ini
Ilustrasi (dok. Spotify)

Bagikan:

JAKARTA -Spotify sedang bereskperimen memperluas uji beta "umpan berita audio" gaya TikTok yang dapat digulir secara vertikal.

Melansir TechCrunch, Sabtu, 9 April, fitur itu dapat membantu pengguna menemukan lagu baru melalui loop visual Canvas yang dipersonalisasikan, loop animasi menarik yang muncul di belakang kontrol pemutaran.

Karena masih dalam tahap uji coba, hanya pengguna di Australia, Canada, Irlandia, New Zealand, dan Inggris, yang baru bisa menjajal fitur baru Spotify ini.

Dengan hadirnya umpan penemuan ini, Spotify menjanjikan cara yang relatif mudah untuk menemukan artis dan lagu baru bagi pengguna Android dan iOS.

Seperti TikTok, lagu-lagu ini dan loop Canvas yang menyertainya akan disajikan dalam umpan video vertikal, yang pertama kali terlihat dalam uji coba oleh Spotify pada November tahun lalu.

Aplikasi akan menawarkan hingga 15 rekomendasi baru per hari. Jika pengguna melihat trek yang disukai di umpan ini, pengguna dapat menambahkan lagu tersebut ke daftar putar, mengikuti artis, atau membagikannya ke media sosial.

Diketahui, ketika Spotify meluncurkan Canvas pada 2019, reaksi awal beragam, tetapi perusahaan terus mendorong fitur tersebut, bahkan membuka pasar bagi seniman untuk menjual ilustrasi musisi.

Pada saat itu, Spotify mengklaim bahwa 145 persen pengguna lebih mungkin untuk berbagi trek yang menyertakan lingkaran Canvas. Sekarang loop visual Canvas itu terus berkembang dan mungkin ini adalah kesempatan bagi musisi yang lebih baik untuk dipromosikan oleh Spotify.

Dengan membawa umpan vertikal seperti TikTok, ini dapat membantu Spotify memikat pendengar yang lebih muda dengan memberi mereka pengalaman akrab dan alasan untuk terus datang kembali ke aplikasi.