Spotify Mulai Meluncurkan Umpan Pratinjau Baru Mirip TikTok
Tampilan home feed baru Spotify (foto: Spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak TikTok mulai banyak digandrungi masyarakat di hampir seluruh dunia, banyak platform lain yang turut meluncurkan umpan video pendek bergaya TikTok, seperti Meta dengan Reel, dan YouTube dengan Shorts.

Tidak mau ketinggalan, setelah melakukan uji cobanya tahun lali, sekarang Spotify akan mulai meluncurkan desain baru di umpan (feed) layar utama platform nya, yang berisikan pratinjau video pendek terkait rekomendasi lagu yang dipersonalisasi untuk setiap penggunanya.

"Seperti yang dibagikan selama Stream On, pratinjau membuat cara baru untuk mencicipi dan menemukan apa pun yang mungkin Anda sukai, semua di layar Utama Anda. Dan mereka membangun umpan khusus untuk Musik, Podcast & Acara, dan Buku Audio yang kami perkenalkan tahun lalu," tulis Spotify dalam pengumumannya, dikutip Kamis, 9 Maret.

Jadi, saat ini diluncurkan nanti, di bagian atas umpan musik, podcast, dan Audiobook, Anda akan memiliki kemampuan untuk menggulir feed baru Anda, di mana Spotify akan menayangkan klip audio atau video untuk Anda pratinjau.

Untuk podcast, transkripsi real-time memungkinkan Anda dengan mudah mempratinjau episode atau bab bahkan dengan suara mati. Pratinjau podcast video memungkinkan Anda menonton dan mendengarkan percakapan.

Setelah mempratinjau, Anda dapat menyimpan, mengunduh, atau mungkin hanya membagikan konten tersebut dengan hanya mengetuk ikon Plus (+) untuk menyimpan rekomendasi Anda ke Episode Anda atau Perpustakaan Anda. 

Selain itu, jika Anda ingin mendengarkannya secara keseluruhan, Anda juga dapat memutarnya dari awal dengan menekan Putar untuk mendengarkan trek, album, daftar putar, atau episode dari awal. Untuk podcast, ketuk "lanjutkan mendengarkan" untuk memutar sisa pratinjau dari awal.

"Spotify adalah platform pertama yang memungkinkan pratinjau yang benar-benar mulus di seluruh musik, podcast, dan buku audio—dan sekarang mulai diluncurkan ke pengguna Premium dan Gratis secara global di iOS dan Android," sambung platform streaming musik tersebut. 

Pratinjau musik dan podcast kini tersedia di semua pasar di mana podcast tersedia secara global. Sedangkan pratinjau audiobook baru tersedia di AS, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru.