Bagikan:

JAKARTA – Pengguna Instagram yang sering mengakses Reels kini bisa menambahkan lagu yang mereka sukai ke dalam Spotify dengan cepat. Kemampuan ini mulai diluncurkan secara luas pada 17 Oktober.

Fitur baru ini merupakan bagian dari kolaborasi Instagram dan Spotify. Platform streaming musik tersebut mengatakan bahwa kemampuan baru ini dirancang untuk para pengguna yang sering menemukan lagu menarik di Instagram dan ingin mencari lagunya di Spotify. 

"Spotify dengan gembira meluncurkan integrasi baru dengan Instagram yang membuatnya semakin mudah untuk merekam dan langsung menambahkan lagu ke Spotify dari Instagram hanya dengan satu ketukan sederhana," kata Spotify, dikutip dari 9to5mac.

Pada dasarnya, fitur ini tidak hanya muncul di Reels. Setiap kali pengguna melihat konten dengan musik di Story, Notes, maupun Reels, mereka bisa mengetuk musiknya dan langsung menambahkannya ke dalam Spotify tanpa harus keluar dari aplikasi. 

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan bahwa akun Instagram sudah terhubung dengan Spotify. Jika belum, pengguna bisa membuka akun Spotify mereka, membuka halaman Pengaturan, klik sesi Koneksi, lalu masukan akun Spotify dan klik Simpan.

Setelah itu, jika ada lagu yang menarik di postingan apa pun, pengguna bisa langsung mengetuk lagunya hingga halaman pratinjau audio muncul. Di halaman tersebut, pengguna akan melihat tombol Add dengan logo Spotify di sebelah audio scrubber. 

Jika pengguna mengeklik tombol tambah, lagu akan masuk ke dalam daftar putar Lagu yang Disukai atau ditambahkan ke tab Perpustakaan Anda. Fitur baru ini masih diperluas dan akan tersedia di seluruh perangkat Android serta iOS. 

Fitur penambahan lagu secara langsung ke platform musik sebenarnya bukan hal yang baru. TikTok meluncurkan fitur ini lebih dahulu dan tidak hanya terhubung ke Spotify. Seluruh lagu yang ditambahkan pengguna bisa masuk ke Apple Music atau Amazon Music.