Giliran Spotify Ikut-ikutan Medsos Lain Adopsi Fitur Umpan Video Mirip TikTok
Spotify turut mengadopsi fitur umpan video mirip TikTok. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti media sosial lainnya, Spotify turut mengadopsi fitur umpan video mirip TikTok ke dalam aplikasi musik streaming tersebut. Dijukuki Discover, cara kerjanya sama persis dengan aplikasi video pendek itu.

Pengguna tinggal menggulirkan video musik mana yang ingin mereka tonton. Fitur ini masih dalam tahap uji coba. Meski demikian, bagi mereka yang memiliki akses ke fitur tersebut, Discover akan muncul sebagai tab keempat di bilah navigasi pada bagian bawah aplikasi Spotify, di antara Home dan Search.

Pertama kali fitur ini ditemukan oleh pengguna Twitter Chris Messina. Dalam unggahannya, Messina men-tweet video dari fitur Discover tersebut. Dia menemukan fitur itu di Spotify's TestFlight build (versi beta untuk iOS), di mana ikon baru di bilah alat navigasi membawa pengguna langsung ke umpan video saat diketuk.

Melansir TechCrunch, Kamis, 25 November, pengguna kemudian dapat menggulir ke atas dan ke bawah untuk menelusuri umpan, seperti yang dilakukan di TikTok. Pengguna juga dapat memberikan Like dengan mengklik ikon hati, bahkan pengguna dapat mengetuk menu tiga titik untuk memunculkan informasi tentang lagu.

Perusahaan telah melihat ke format media sosial populer untuk melibatkan penggunanya sejak lama. Sebelumnya, Spotify juga pernah menguji fitur Stories yang memungkinkan influencer memposting Stories untuk memperkenalkan daftar putar mereka sendiri yang dikuratori. Tetapi opsi itu tidak pernah tersedia untuk semua pengguna Spotify hingga kini.

Sementara itu, format TikTok telah diadopsi oleh banyak platform sosial teratas, termasuk Instagram (Reels), Snapchat (Spotlight), YouTube (Shorts) dan Pinterest (Idea Pins), itu juga terbukti menjadi format yang ideal untuk penemuan konten.

Netflix, misalnya, baru-baru ini mengadopsi umpan video vertikal bentuk pendek di aplikasinya sendiri yang dijuluki fitur Fast Laughs, menawarkan klip dari perpustakaan konten dan alat untuk menyimpan program ke daftar tontonan atau hanya memulai streaming mereka.

Demikian pula, fitur Discover berbasis video Spotify dapat membantu memperkenalkan pengguna ke musik baru dan menawarkan cara untuk menunjukkan minat mereka di Spotify dalam format yang sudah dikenal.