Giliran YouTube Music yang Adopsi Umpan Vertikal Punya TikTok
YouTube Music mengadopsi umpan gulir video vertikal khas TikTok (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube Music adalah yang terbaru mengadopsi umpan gulir video vertikal khas TikTok yang dijuluki Sampel.

Sampel merupakan umpan dari segmen video berformat singkat untuk membawa pengguna ke musik favorit baru yang didukung oleh katalog video musik terbesar di dunia.

Umpan yang dipersonalisasi ini akan menjelajahi seluruh koleksi YouTube Music sehingga selalu ada sesuatu yang baru untuk didengarkan, baik itu rilis terbaru dari artis atau musik yang sedang naik daun.

Perusahaan mengatakan, terdapat juga klip imersif yang menawarkan gambaran sekilas tentang artis, video, dan nuansa lagunya.

Pengguna cukup menggulir secara vertikal untuk menikmati lagu baru, menjadikan penemuan musik menyenangkan dan mudah.

"Kami ingin memudahkan Anda mempelajari lebih dalam lagu dan artis yang Anda temukan dan sukai semuanya tanpa keluar dari YouTube Music," ujar YouTube dalam sebuah pernyataan, dikutip Rabu, 16 Agustus.

"Kami berharap dapat menginspirasi Anda untuk membangun hubungan seumur hidup dengan artis yang belum pernah Anda dengar sebelumnya," imbuhnya.

Dengan setiap sampel, pengguna dapat dengan cepat menambahkan lagu ke koleksi, membaginya dengan teman, membuat daftar putar favorit, memulai stasiun radio baru, menonton video lengkap, mengunjungi halaman album, atau bahkan menggunakan lagu untuk membuat Shorts sendiri.

Selain pengguna, YouTube juga menghadirkan kemampuan untuk para artis, dimana tab Sampel akan menyediakan cara lain untuk menemukan pemirsa baru dan membangun komunitas di YouTube.

"Ini adalah contoh lain bagaimana kombinasi unik YouTube dari video musik, pertunjukan live, pemutaran perdana musik, dan video Shorts menginspirasi fandom sejati dan setia, yang merupakan kunci untuk menjadikan platform kami tempat terbaik bagi setiap artis dan penggemar musik," jelas platform milik Google itu.

Tab Sampel akan mulai diluncurkan hari ini untuk pengguna YouTube Music secara global.