Bagikan:

JAKARTA – Diluncurkan berbarengan dengan fitur pencarian suara untuk mencari lagu, YouTube Music juga meluncurkan kemampuan menandai episode podcast yang belum diputar melalui tombol baru.

Tombol ini ditambahkan ke dalam menu overflow dengan nama Tandai Telah Diputar. Saat menekan tombol ini, pengguna akan melihat pesan singkat yang menandakan bahwa, "Episode yang ditandai telah diputar". 

Dilansir dari 9to5google, fitur ini sudah diperkenalkan oleh Google sejak Desember tahun lalu saat perusahaan itu mengembangkan alat migrasi dari Google Podcast ke YouTube Music. Setelah tujuh bulan dikembangkan, fitur Tandai Telah Diputar akhirnya dirilis.

Untuk melihat fitur baru ini, pengguna bisa membuka podcast apa pun yang berisi deretan episode. Klik ikon titik tiga vertikal di samping judul episode podcast, setelah itu klik tombol Tandai Telah Diputar atau Tandai Belum Diputar.

Fitur ini sudah terlihat di aplikasi seluler YouTube Music untuk perangkat Android dan iOS. Pengguna dengan paket premium juga bisa menemukan tombol Tandai Telah Diputar di situs web YouTube Music.

Jika Anda tidak menemukan tombol baru ini di aplikasi YouTube Music, Anda perlu memperbarui aplikasinya terlebih dahulu. Setelah diperbarui, buka podcast yang biasa Anda dengar dan klik ikon titik tiga vertikal di samping episodenya.

Meski Google terus meningkatkan fitur podcast di YouTube Music untuk menarik lebih banyak pengguna, Google belum menambahkan pemberitahuan untuk episode podcast terbaru. Hingga saat ini, pengguna harus membuka episode secara manual untuk melihat pembaruan.