Bagikan:

JAKARTA – Apple meluncurkan HomePod, speaker pintar yang didukung Siri, dengan ukuran mini pada Senin, 15 Juli lalu. Perangkat dengan tinggi 3,3 inci ini didesain dengan warna hitam yang disebut Midnight.

Meski diluncurkan pada 15 Juli, perangkat audio ini baru tersedia pada 17 Juli mendatang. Tak hanya Midnight, Apple juga meluncurkan warna kuning, oranye, biru, dan putih. Seluruh warna ini, termasuk Midnight, bisa dibeli di Apple Store.

Apple mengatakan bahwa HomePod mini menghadirkan suara memukau meskipun perangkatnya berukuran kecil. Speaker ini menggunakan mesh, kain sintetis dengan lubang kecil, yang transparan dan permukaan sentuh dengan lampu latar.

Seperti HomePod lainnya, perangkat baru ini menyediakan katalog berisi ratusan juta lagu yang bisa didengarkan melalui Apple Music. Pengguna bisa merasakan audio yang memenuhi ruangan meski hanya menyalakan satu speaker.

"Untuk meningkatkan hiburan, pengguna bahkan dapat menggunakan speaker pintar untuk menciptakan pengalaman teater rumah yang memikat dengan Apple TV 4K," kata Apple dalam keterangan resminya.

Selain bisa disambungkan ke Apple TV 4K, pengguna HomePod mini bisa memanfaatkan bantuan Siri untuk mengakses musik berdasarkan artis, lirik lagu, genre, atau suasana hati mereka. Speaker pintar ini juga bisa mengendalikan perangkat pintar lainnya di rumah.

"Pengguna dapat membuat otomatisasi rumah pintar, mendapatkan pemberitahuan saat alarm asap atau karbon monoksida terdeteksi di rumah mereka, memeriksa suhu dan kelembapan di ruangan," jelas Apple.

Saat diluncurkan pada 17 Juli mendatang, HomePod mini bisa dibeli melalui Apple Store AS, China, Singapura, dan berbagai negara lainnya. Speaker ini juga bisa dipesan melalui situs web resmi Apple dengan harga 99 dolar AS (Rp1,6 juta).