Bagikan:

JAKARTA - Apple menarik kembali versi uji beta terbaru HomePod Software 18.1 setelah muncul laporan dari pengguna yang menyatakan bahwa perangkat HomePod mereka mengalami kerusakan atau "bricking" setelah melakukan instalasi. Hanya beberapa jam setelah dirilis, pembaruan tersebut dihapus karena masalah ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna di forum AppleInsider.

Seorang pengguna dengan nama Jeromec melaporkan bahwa dua HomePod mini miliknya menjadi tidak berfungsi setelah mencoba menginstal software 18.1 beta 5. Menurut laporannya, perangkat HomePod menunjukkan lampu putih, kemudian merah, sebelum mati sepenuhnya. HomePod-nya bahkan tidak dikenali oleh Mac melalui USB.

Beruntung, pengguna tersebut berhasil memulihkan perangkatnya menggunakan Apple Configurator, mengembalikan kedua HomePod mini miliknya ke versi 18.0. Namun, masalah ini telah menyebabkan banyak pengguna waspada, terutama karena perangkat yang sudah "bricked" sulit dipulihkan.

Penarikan pembaruan ini terjadi hanya seminggu setelah Apple menarik pembaruan iPadOS 18 untuk beberapa model iPad, khususnya yang menggunakan prosesor M4, yang juga dilaporkan mengalami kerusakan serupa.

Apple belum memberikan pernyataan resmi terkait masalah ini, baik untuk HomePod maupun iPad, dan belum ada informasi kapan pembaruan yang diperbaiki akan dirilis. Tidak jelas pula apakah masalah ini hanya memengaruhi HomePod mini atau juga berdampak pada HomePod versi lebih besar.