Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Apple mengizinkan aplikasi emulator PC di App Store. Emulator game retro PC bernama UTM SE kini tersedia di toko aplikasi Apple, menandai momen bersejarah bagi perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut.

UTM SE dapat diunduh secara gratis di iOS, iPadOS, dan visionOS. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menjalankan perangkat lunak PC klasik dan memainkan game lama seperti Doom dan 3D Pinball for Windows — Space Cadet. Sebelum memulai, pengguna perlu mengunduh mesin virtual yang telah dibangun sebelumnya dari situs web UTM atau membuat mesin virtual sendiri.

Ini bukan pertama kalinya UTM mencoba masuk ke App Store. Pada bulan Juni lalu, Apple menolak aplikasi tersebut karena melanggar pedoman mereka. Namun, kali ini UTM berhasil meluncurkan aplikasi dengan membuat "build tanpa JIT" yang tidak melanggar aturan Apple. Aplikasi ini juga akan segera tersedia di pasar aplikasi alternatif, AltStore PAL, sehingga memungkinkan pengguna di Uni Eropa untuk mengunduhnya.

UTM mengumumkan peluncuran ini melalui unggahan di media sosial X (sebelumnya Twitter), membawa kabar gembira bagi para penggemar game retro dan perangkat lunak klasik.

Emulator Iphone

Selain itu, emulator game populer Delta, yang telah menjadi favorit di kalangan penggemar game retro di iPhone, kini resmi tersedia untuk iPad setelah pembaruan aplikasi ke versi 1.6.

Sejak debutnya di App Store, Delta telah menjadi sangat populer dan terus hadir di Top Charts, menarik pengguna yang ingin memainkan game retro yang awalnya muncul di NES, SNES, N64, Nintendo DS, Game Boy, dan Game Boy Advance.

Dengan dukungan untuk iPad di versi 1.6, pengguna kini dapat memanfaatkan layar yang lebih besar dan bermain dalam mode layar penuh. Ada skin kontroler baru yang dirancang khusus untuk iPad, dan aplikasi ini mendukung beberapa jendela di Stage Manager dan Split View, dengan opsi untuk menghentikan permainan sementara saat berpindah jendela.

Versi iPad juga mendukung kontroler game eksternal, dan pengembang Riley Testut mengatakan bahwa game yang diemulasi dapat "berpindah" dengan mulus antara iPhone dan iPad, memungkinkan pemain untuk melanjutkan permainan dari titik terakhir mereka berhenti. Testut juga menyebutkan bahwa kebutuhan akan file BIOS kini telah dihilangkan, memudahkan proses pengaturan. Pengguna juga akan merasakan peningkatan kinerja yang signifikan pada game DS.

Pembaruan ini memperkenalkan berbagai gestur tombol menu, memberikan opsi navigasi yang lebih intuitif. Fitur eksperimental "Reverse Controller Skin Screens" juga ditambahkan, memungkinkan pengguna untuk mengganti layar skin kontroler saat runtime, menawarkan lebih banyak kustomisasi dan fleksibilitas selama bermain.

Testut sebelumnya menjelaskan bahwa Delta untuk iPad awalnya tidak menjadi prioritas pengembangan karena rencananya adalah membatasi peluncuran emulator di Uni Eropa melalui pasar aplikasi alternatif AltStore PAL, yang tidak mendukung iPad.

Namun, pada bulan April, Apple membalikkan kebijakan lamanya dan mengizinkan emulator game retro di App Store. Delta kemudian tersedia di App Store sebagai unduhan gratis di Amerika Serikat dan negara lainnya, dengan pengguna mendukung pengembang melalui Patreon. Tautan unduhan resmi untuk versi terbaru dapat ditemukan di situs web Delta.