Bagikan:

JAKARTA - Apple baru-baru ini mengubah pedoman App Store mereka, membuat sejumlah hal yang sebelumnya tidak mungkin menjadi mudah. Ini termasuk menjalankan Windows XP di iPad. Meskipun berjalan dengan lambat, pengalaman ini telah membuat seorang penulis teknologi lebih sering menggunakan iPad-nya.

Pada April, Apple merevisi pedoman App Store mereka untuk mengizinkan emulator game. Nintendo emulator Delta menjadi salah satu yang pertama memanfaatkan perubahan ini. Langkah ini didorong oleh kepatuhan terhadap peraturan antitrust Eropa, tetapi Apple menerapkannya secara global.

Namun, Apple kemudian menolak aplikasi emulator PC UTM SE, dengan alasan bahwa pengecualian tersebut hanya berlaku untuk emulator game konsol. Pengumuman ini tidak diterima dengan baik oleh pengguna maupun regulator, dan Apple kemudian membalikkan keputusan tersebut dan menyetujui emulator tersebut.

Apple tidak mengizinkan aplikasi menggunakan kompilator JIT karena alasan keamanan, yang berarti bahwa sistem operasi yang diemulasi hanya dapat berjalan dengan lambat. Namun, beberapa pengguna tidak terhalang oleh keterbatasan ini.

Windows XP di iPad

Wes David dari The Verge adalah salah satu yang mencoba menjalankan Windows XP di iPad, dan dia mengatakan bahwa proses instalasinya cukup sederhana.

"Membuat mesin virtual untuk menjalankan Windows sangat mudah jika Anda menggunakan salah satu mesin pra-bangun UTM, yang dapat Anda unduh dan sesuaikan. Saya mengunduh yang ini dan memberikannya lebih banyak RAM dan penyimpanan tetapi menggunakannya seperti itu. Kemudian, saya mengarahkannya ke file .iso Windows XP dari opsi IDE Drives di pengaturan mesin tersebut dan menyalakannya," kata David.

David mengatakan bahwa meskipun lambat, itu juga berlaku untuk PC dengan hard disk berputar di zaman XP.

"Jendela baru membutuhkan beberapa detik untuk dibuka; item menu Start yang bersarang juga begitu. Tidak ada yang terlalu lambat, dan saya benar-benar berpikir ini lebih cepat daripada mesin Compaq yang kami miliki saat saya remaja," ujarnya.

David mencurigai bahwa faktor kebaruan ini akan cepat hilang, tetapi untuk saat ini, dia mengatakan bahwa dia belum pernah menggunakan iPad-nya lebih sering daripada sekarang.

Perubahan kebijakan Apple ini menunjukkan betapa fleksibilitas dapat meningkatkan penggunaan perangkat secara kreatif, meskipun dengan beberapa keterbatasan kinerja. Pengguna yang menikmati nostalgia masa lalu dapat menemukan kegembiraan dalam menghidupkan kembali pengalaman menggunakan Windows XP, bahkan jika itu hanya untuk kesenangan semata.